Selasa 31 Mar 2020 16:28 WIB

Dedikasi Bob Hasan untuk Atletik Indonesia Luar Biasa

Bob Hasan pernah memimpin empat cabor Tanah Air.

Rep: Fitriyanto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Ketua Umun Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Bob Hasan berbicara kepada para atlet sebelum latihan sehari-hari menjelang Asian Games di Jakarta.
Foto: REUTERS/Beawiharta
Ketua Umun Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Bob Hasan berbicara kepada para atlet sebelum latihan sehari-hari menjelang Asian Games di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia baru saja kehilangan salah satu putra terbaiknya. Mohammad Hasan atau yang akrab disapa Bob Hasan telah berpulang untuk selamanya Selasa (31/3) siang tadi. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman menilai Almarhum merupakan tokoh yang memiliki dedikasi luar biasa. “Saya selaku Ketum KONI Pusat atas nama KONI Provinsi dan cabang olahraga mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Ketum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bapak Bob Hasan. Almarhum adalah tokoh olahraga nasional yang memiliki dedikasi dan semangat luar biasa dalam membina Atletik Indonesia. Dengan sabar mencurahkan tenaga, pikiran, dana dan perhatiannya untuk membina dan meningkatkan prestasi Atletik Indonesia,” tulis Marciano Norman dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Selasa (31/3). Lebih lanjut, Marciano menyatakan,  Bob Hasan bercita cita mengantarkan atlet Indonesia seperti Lalu Muhamad Zohri menjadi juara olimpiade pada waktunya. Juga atlet-atlet lainnya yang meraih prestasi baik selama ini di SEA Games. Warisan terakhir prestasi Bob Hasan dalam mengibarkan Merah Putih tertorehkan pada SEA Games Filipina akhir 2019 dengan keberhasilan meraih  lima emas, enam perak, dan lima perunggu. Lima medali emas diraih dari nomor lompat jauh putra dan putri oleh Sapwaturrahman dan Maria Natalia Londa, lari gawang 100 meter putri melalui Emilia Nova, nomor maraton oleh Agus Prayogo, dan di nomor jalan cepat 20 kilometer oleh Hendro Yap . “Kita semua kehilangan Pak Bob Hasan , semoga almarhum husnul khatimah dan pengurus serta atlet PASI dapat mewujudkan cita-cita almarhum dengan menata organisasi dan program pembinaan yang baik untuk mengantar atlit PASI meraih prestasi dunia,” kata Marciano. Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) itu bertekad untuk melanjutkan perjuangan Bob Hasan dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. “Selamat Jalan Pak Bob Hasan , kami akan lanjutkan perjuanganmu dalam peningkatan prestasi olahraga Indonesia.” Bob Hasan meninggal dunia, Selasa (31/3) pukul 11.00 WIB. Dunia olahraga Indonesia pun berduka dan kehilangan tokoh yang mengabdikan hidupnya hingga berpulang di olahraga, khusunya atletik. Pria yang akrab dipanggil Bob Hasan itu sampai saat ini masih tercatat sebagai Ketua Umum PB PASI. Tak pelak lagi dunia olahraga Indonesia berduka. Pasalnya, Bob Hasan bukan saja membina di atletik yang diantaranya berhasil melahirkan sprinter muda tercepat nasional Lalu Muhammad Zohri. Pria kelahiran Semarang, 24 Februari 1931, sebelumnya juga pernah menjabat ketua umum induk organisasi cabor senam (PB Persani), angkat besi (PB PABBSI) dan catur (PB Percasi). Selain itu dia pernah menduduki posisi Wakil Ketum KONI Pusat pada era Ketua Umum Surono. Bob Hasan juga berkibar di olahraga Asia dan dunia. Dia dipercaya memimpin Asosiasi Atletik Asia (AAA). Kemudian menjadi  Anggota Kehormatan IOC (Komite Olimpiade Internasional).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement