Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Berbagai Manfaat Sedekah, Salah Satunya Menunda Kematian

Rabu 01 Apr 2020 04:55 WIB

Red: Ani Nursalikah

Berbagai Manfaat Sedekah, Salah Satunya Menunda Kematian.

Berbagai Manfaat Sedekah, Salah Satunya Menunda Kematian.

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Sedekah bisa memanjangkan umur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, pengalaman dimudahkan karena sedekah bisa terjadi pada siapa saja. Ia menyebut sedikitnya ada empat keutamaan bersedekah. Pertama, mengundang datangnya rezeki.

Allah berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan. "Imam Ali pernah menyatakan, 'pancinglah rezeki dengan sedekah'," katanya.

Kedua, sedekah dapat menolak bala. Rasulullah pernah bersabda, "Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah." Ketiga, sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah menganjurkan, "Obatilah penyakitmu dengan sedekah."

Keempat, menunda kematian dan memperpanjang umur. Rasulullah mengatakan, "Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur."

Mengapa semua itu bisa terjadi? Menurut Yusuf Mansur, sebab Allah mencintai orang-orang yang bersedekah. Kalau Allah sudah mencintai seseorang, maka tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada kebutuhannya yang Allah tidak kabulkan, tidak ada dosanya yang Allah tidak ampuni, dan dia akan meninggal dalam keadaan husnul khatimah (baik).

"Kekuatan dan kekuasaan Allah jauh lebih besar dari persoalan yang dihadapi oleh manusia. Begitu dahsyatnya femonena sedekah, masihkah kita belum juga tergerak untuk mencintai sedekah?" ujarnya.

Baca Juga

sumber : Arsip Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA