Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Racikan Minuman Herbal

Selasa 31 Mar 2020 10:53 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis bisa tingkatkan kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi rempah-rempah)

Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis bisa tingkatkan kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi rempah-rempah)

Foto: Flickr
Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis bisa tingkatkan kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak lama, rempah telah dipercaya berkhasiat untuk kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh. Di tengah ancaman virus corona baru atau Covid-19, sebagian besar masyarakat memilih mengonsumsi minuman berbahan rempah untuk menjaga imunitas mereka.

Baca Juga

Ada banyak racikan rempah yang telah dipraktikkan masyarakat, ada yang menggunakan jahe, temulawak juga kunyit. Baru-baru ini, Ahli Gizi dari India, Nmami Agarwal, membagikan resep untuk membuat “ramuan” penguat imun tubuh.

Resepnya sederhana. Melalui akun Instagramnya, Agarwal mengatakan ramuan itu hanya terdiri dari irisan kunyit, jahe, sejumput kayu manis dan satu gelas air putih. Menurut Agarwal ketiga rempah itu, kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang selama periode waktu tertentu.

“Campur semua bahan, kemudian rebus. Minum setidaknya satu atau dua kali dalam sehari,” kata Agarwal, dilansir dari The Indian Express, Selasa (31/3).

Jahe, kata Agarwal, bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, meningkatkan metabolisme, juga memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe juga memiliki efek yang luar biasa dalam memerangi flu dan menghangatkan tubuh selama cuaca dingin.

Jahe bersifat diaforis yang membuat tubuh berkeringat dan mengatasi masalah yang mempengaruhi kekebalan tubuh. Sementara kunyit, bermanfaat memerangi masalah kesehatan pernapasan karena mengandung phyto-derivative dan senyawa anti-inflamasi yang membantu meredakan batuk. 

Kayu manis juga bermanfaat untuk melawan pilek dan mengurangi peradangan sistemik dari kondisi kesehatan kronis. Kayu manis juga dipercaya bisa menjaga kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA