Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

WHO Persiapkan Aplikasi Soal Covid-19

Selasa 31 Mar 2020 10:14 WIB

Red: Esthi Maharani

Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus

Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus

Foto: AP
Aplikasi akan memberikan info, tips, dan peringatan seputar Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempersiapkan aplikasi Android, iOS dan situs khusus untuk memberikan informasi berita, tips, peringatan seputar virus corona baru (Covid-19).

Aplikasi “WHO MyHealth” pada awalnya diusulkan oleh tim ahli dengan nama “WHO Covid App Collective.” Tim itu terdiri dari mantan karyawan Google dan Microsoft serta penasihat dan duta WHO, bersama para pakar industri lainnya.

Menurut roadmap pengembangan, dikutip dari laman 9to5google, aplikasi "WHO MyHealth" rencananya akan dirilis untuk Android dan iOS pada akhir Maret. Dari pantuan pada Selasa (31/3), aplikasi tersebut belum tersedia di Play Store dan App Store. Namun, versi beta dari aplikasi dilaporkan berisi saran seputar Covid-19, sama seperti yang ditemukan pada chatbot WhatsApp.

Lebih jauh, berdasarkan dokumen desain asli aplikasi, "WHO MyHealth" rencananya akan menghadirkan notifikasi peringatan khusus terhadap lokasi pengguna, serta menawarkan fungsi sebagai alat “triase mandiri” yang membantu pengguna mendiagnosa apakah gejala yang dialami sama dengan Covid-19.

Pada skala yang lebih besar, lewat aplikasi tersebut, pengembang berencana untuk dapat menelusuri sejarah lokasi perangkat Android atau iPhone pengguna untuk melakukan “pelacakan kontak” untuk memahami penyebaran virus. Namun, mengingat isu privasi, fitur tersebut masih ditinjau ulang.

Aplikasi dapat memanfaatkan teknologi yang ada, seperti Google Maps, yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan apakah mereka telah didiagnosis atau telah melakukan kontak dengan pasien Covid-19, tentunya atas izin pengguna untuk melacak sejarah data lokasi di perangkat mereka.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA