Selasa 31 Mar 2020 09:47 WIB

Masjid At Taqwa PIK Gagas Gerakan Melek Tetangga

Membantu meringankan masyarakat yang semakin sulit dengan kondisi saat ini.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi virus corona masuk Indonesia
Foto: MgIT03
Ilustrasi virus corona masuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Masjid At Taqwa Perkampungan Industri Kecil (PIK) Penggilingan bersama warga RW 10 Penggilingan, Cakung Jakarta Timur meluncurkan Gerakan Melek Tetangga. Program ini diluncurkan dalam rangka kepedulian sosial terhadap kondisi dan dampak dari adanya wabah Cofid-19 yang melanda saat ini.

"Gerakan ini sekaligus merupakan bakti sosial dan kepedulian masjid kepada jamaah dan masyarakat," kata Zulfan Ammar Ketua RW 10 PIK Penggilingan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (31/3). 

Gerakan Melek Tetangga ini kata Zulfan merupakan ikhtiar pengurus untuk membantu pemerintah dalam hal ini mengontrol lingkungan sekitar masjid jangan sampai ada warga masyarakat dan jamaah yang tidak bisa lagi membeli kebutuhan pokok untuk diri dan keluarganya. Gerakan ini mencoba mengambil peran dalam kondisi seperti ini yaitu peran sosial masjid.

"Namun masjid tidak akan bisa memenuhi fungsi tersebut tanpa partisipasi kita semua dalam hal ini jamaah kaum muslimin yang mempunyai kelebihan rezki (Aghnia)," katanya.

Gerakan ini juga merupakan upaya dalam mengimplementasikan  Hadis Rasulullah yang berbunyi : "Tidaklah beriman kepada-Ku orang yang tidur dalam keadaan kenyang. Sedang tetangganya kelaparan sampai ke lambungnya. Padahal ia (orang yang kenyang) mengetahui.

Lebih lanjut menurut Ahnaf yang juga sebagai Sekretaris Yayasan Masjid yang berada di lokasi PIK daerah Cakung Jakarta Timur ini meminta kepada seluruh kaum Muslimin untuk mempererat hubungan Ukhuwah Islamiyyah. Hal itu dengan bergandengan tangan dalam satu ikatan jamaah kaum muslimin untuk membantu meringankan masyarakat yang semakin sulit dengan situasi dan kondisi saat ini.

Program ini kata dia, direncanakan akan membagikan kebutuhan pokok yang akan di bagi dalam paket-paket untuk satu keluarga. Adapun paket per keluarganya terdiri dari : 5 kg beras, 1 lt minyak goreng, mie instan dan ikan sarden dalam kemasan.

Untuk program kegiatan ini pengurus Masjid mentargetkan akan menyalurkan kepada sebanyak-banyaknya orang sesuai dana yang terkumpul. Diharapkan program ini dapat menyalurkan bantuan mulai pekan depan (1 - 30  April 2020).

Untuk program ini pengurus masjid membuka peluang donasi berupa infaq dan Sedekah yang dapat disalurkan melalui : Posko Sosial di Masjid At Taqwa (bisa berupa barang yg sejenisnya) atau melalui Transfer dengan rekening BNI Syariah a/n. Masjid Attaqwa di No Rek : 0885454741

"Untuk semua kaum muslimin dan masyarakat yang turut membantu program ini kami atas nama pengurus masjid mengucapkan terima kasih atas semua bantuan dan partisipasi yang sudah diberikan dalam program kegiatan ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement