Senin 30 Mar 2020 22:44 WIB

Syekh Al Azhar Mesir Galang Solidaritas Hadapi Covid 19

Hukum Islam mendesak semua orang yang memiliki kemampuan membantu yang menderita.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Grand Syeikh Al Azhar - Ahmad Muhammad Ath-Thayyib
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Grand Syeikh Al Azhar - Ahmad Muhammad Ath-Thayyib

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO --  Grand Syekh Al Azhar Mesir Al Sharif Ahmad Al Thayyeb mendesak negara-negara untuk berbagi tanggung jawab memerangi pandemi virus corona. Al Azhar bersama solidaritas lembaga Islam dengan bangsa-bangsa menghadapi covid-19. 

Dalam sebuah pernyataan, Al Tayyeb mengatakan menyebarkan desas-desus tentang Covid-19 dilarang dalam Islam, karena dapat membingungkan dan menakuti orang lain, mengurangi kepercayaan mereka pada langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi bangsa dan rakyat mereka.

"Seperti yang Anda ketahui, dunia saat ini hidup dalam keadaan teror dan ketakutan sebagai akibat dari pandemi Covud-19 yang menyebar cepat," kata dia dilansir di bnh.bh, Senin (30/3).

Virus ini telah mempengaruhi dan membunuh ribuan orang di seluruh dunia, mengganggu mata pencaharian dan negara-negara terpencil di seluruh dunia. Selama masa-masa sulit ini sebagai bangsa, orang, dan individu serta lembaga harus memikul tanggung jawab untuk memerangi epidemi ini untuk mengakhiri itu.

Al Tayyeb mengakui pengorbanan besar yang dilakukan oleh dokter, perawat, dan profesional perawatan kesehatan yang mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari untuk memerangi wabah berbahaya ini. Dia juga menyatakan penghargaannya atas upaya besar yang dilakukan oleh pejabat pemerintah di seluruh dunia, mengatakan mereka telah menawarkan kita harapan bahwa kita akan dapat mengatasi dan mengalahkan pandemi ini.

"Bagi kita untuk mencapai kesuksesan dalam hal ini, kita harus ditentukan dalam niat kita dan melanjutkan memikul tanggung jawab dengan cara yang ketat dan tanpa kompromi," kata dia.

Al Azhar bertanggung jawab dengan peraturan yang berkaitan dengan kebersihan pribadi, jarak sosial, tinggal di rumah, penangguhan shalat Jumat serta jamaah sholat di masjid-masjid sambil melakukan semuanya tepat waktu.

"Semua ini adalah kebutuhan menurut hukum Islam dan tidak mematuhi mereka sama dengan tidak mematuhi kata-kata Allah. Pesan saya kepada semua orang yang menderita Covid-19 di Mesir dan di seluruh dunia adalah: Kami bersama Anda dengan sepenuh hati dan berdoa kepada Allah SWT untuk pemulihan Anda yang cepat dan belas kasihan pada mereka yang telah kehilangan nyawa sambil memberikan kesabaran dan hiburan pada orang yang mereka cintai."

Imam Besar menekankan bahwa hukum Islam mendesak semua orang yang memiliki kemampuan untuk membantu melakukannya terhadap mereka yang menderita, di mana pun mereka tinggal di dunia. Ini juga merupakan tugas kemanusiaan dan menunjukkan persaudaraan, yang telah diuji selama krisis saat ini dan yang akan mengungkapkan seberapa dalam kepercayaan umat Islam pada prinsip-prinsip manusiawi ini.

"Saran saya selama masa percobaan ini adalah untuk mengikuti semua tindakan pencegahan kesehatan dan medis yang diperlukan yang telah ditahbiskan oleh hukum Islam. Kita juga harus terus memberikan amal, doa dan permohonan kepada Allah untuk mengakhiri krisis ini dengan membantu para hamba-Nya dan menginspirasi para peneliti untuk menemukan obat bagi virus berbahaya ini,"jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement