Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sergio Ramos Menurut Rival dan Pelatih

Senin 30 Mar 2020 21:41 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Agung Sasongko

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Foto: EPA-EFE/JESUS DIGES
Sergio Ramos telah meraih berbagai prestasi selama meniti karier di dunia sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi andalan Real Madrid dan timnas Spanyol, Sergio Ramos telah meraih berbagai prestasi selama meniti karier di dunia sepak bola. Hari ini, Senin (30/3) tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-34, UEFA melalui laman resminya merangkum berbagai kesan dari para tokoh sepak bola ternama. Sejauh ini, Ramos telah empat kali meraih gelar Liga Champions, empat gelar Liga, UEFA Euro 2008 dan 2012, juga Piala Dunia 2010.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengaku tak terkejut dengan pencapaian Ramos selama menjalani kariernya. Menurutnya, itulah potensi alami yang dimiliki sang kapten. "Itulah yang dia punya, personal yang luar biasa, dia selalu begitu, selalu mendorong pemain lain dan tidak pernah lengah. Dia tidak pernah menyerah," kata Zidane dikutip dari laman resmi UEFA, Senin (30/3).

Selain Zidane, komentar positif juga diberikan oleh mantan pelatih yang pernah menanganinya saat berada di Real Madrid yakni Carlo Ancelotti. Pelatih Everton ini menilai Ramos punya kemampuan teknis yang luar biasa. Dan sebagai pemain belakang, kata dia, Ramos punya kualitas pertahanan yang unik seperti Fabio Cannavaro.

"(Ramos) brilian dalam menempel seperti (Franco) Baresi, dapat memimpin lini belakang dan mampu memengaruhi dengan kepribadian yang kuat. Sebagai seorang bek, Sergio Ramos adalah yang paling lengkap. Dia punya kelebihan pada kemampuan teknis, kekuatan, kepribadian, dan kepemimpinan," kata Ancelotti.

Selain dari para pelatih, Sergio juga mendapat sanjungan dari para pesaingnya. Seperti yang dikatakan oleh kapten klub Paris Saint Germain (PSG) Thiago Silva. Menurutnya, sebagai bek Ramos mampu memberikan pertahanan dengan baik. Selain itu, kata dia, sebagai kapten Ramos juga bisa mengelola semua aspek permainan."Dia pemain sepakbola yang sangat lengkap," kata Silva.

Senada dengan itu, rival el-classico, penyerang Barcelona Luis Suarez menilai Ramos sebagai lawan yang kuat. "Sergio Ramos adalah lawan terberat yang pernah saya lawan. Dia sangat kuat, memiliki banyak pengalaman, dan merupakan pemain yang sangat kompetitif," kata Suarez.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA