Senin 30 Mar 2020 20:43 WIB

Anies: 283 Jenazah Dimakamkan dengan Prosedur Corona

Anies Baswedan mengatakan 283 jenazah telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sebanyak 283 jenazah dimakamkan dengan protokol pemulasaran jasad Covid-19, meski belum terbukti tertular virus berbahaya tersebut. Anies mengatakan, melihat angka kematian yang besar maka kondisi Jakarta dalam level mengkhawatirkan.

"Ini adalah mungkin mereka yang belum sempat dites karena tidak bisa dites atau sudah dites tapi belum ada hasilnya," ujar Anies saat menyampaikan keterangan pers di Balaikota, Jakarta, Senin (30/3).

Baca Juga

Menurut Anies, ratusan jenazah itu merupakan akumulasi sejak tanggal 6 Maret hingga Minggu 29 Maret berdasarkan data dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Adapun protokol yang dilakukan saat jenazah dikebumikan di antaranya jasad dibungkus dengan plastik, menggunakan peti, dan harus dimakamkan kurang dari empat jam. Selain itu, para petugas menggunakan APD (alat pelindung diri).

Melihat angka kematian yang besar itu, Anies menyebut kondisi Jakarta sedang tidak baik-baik saja dan dalam level mengkhawatirkan. "Ini menggambarkan bahwa situasi di Jakarta sangat mengkhawatirkan," katanya.

Oleh karena itu, Anies meminta kepada seluruh warganya untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan mengikuti seluruh instruksi upaya pencegahan. Salah satunya serius mengikuti arahan pembatasan jarak fisik atau physical distancing.

"Lonjakan angka kasus cukup besar di DKI Jakarta. Karena itu kepada masyarakat harus serius dalam melaksanakan pembatasan jaga jarak untuk mencegah penularan," katanya.

Sementara itu dari data statistik hingga Senin, total jumlah kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 720 kasus, sementara yang sembuh sebanyak 48 orang, dan 76 meninggal dunia.

photo
Tata cara pemakaman jenazah pasien corona atau Covid-19 - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement