Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Bupati: Buton Utara Kekurangan Gula Pasir

Selasa 31 Mar 2020 02:42 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Pedagang menata gula pasir jualannya di pasar. Gula pasir dan terigu mulai sulit ditemukan di Kabupaten Buton Utara. Ilustrasi.

Pedagang menata gula pasir jualannya di pasar. Gula pasir dan terigu mulai sulit ditemukan di Kabupaten Buton Utara. Ilustrasi.

Foto: Antara/Febri Angga Palguna
Gula pasir dan terigu mulai sulit ditemukan di Kabupaten Buton Utara

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI - Masyarakat Kabupaten Buton Utara mulai merasakan kekurangan gula pasir dan terigu. Gula pasir dan terigu mulai sulit ditemukan di kalangan pedagang pasar tradisional maupun pengecer di wilayah tersebut.

Bupati Buton Utara Abu Hasan mengatakan kekurangan gula butiran mengakibatkan lonjakan harga yang fantatis pada tingkat pengecer. "Harga normal gula butiran di wilayah Buton Utara sekitar Rp 15 ribu per kilogram namun saat ini sudah menembus Rp 25ribu per kilogram. Itu pun kalau dapat," kata Abu Hasan di Kendari, Senin (30/3).

Pemerintah daerah mengambil inisiatif berkoordinasi meminta pasokan gula butiran dan terigu pada pihak distributor di Kendari dan Kota Bau Bau. Bulog sebagai perusahaan negara yang menyalurkan gula butiran juga diharapkan tanggap menyikapi keluhan masyarakat Buton Utara yang kekurangan kebutuhan tersebut.

Kondisi ini berbeda dengan stok beras yang dikuasai Bulog Sultra di gudang Buton Utara masih kategori aman untuk melayani kebutuhan tiga bulan ke depan. “Stok pangan beras yang dikuasai Bulog sebanyak 100 ton cukup untuk kebutuhan tiga bulan ke depan,” kata Abu Hasan.

Soal pangan, kata dia, rakyat Buton Utara tidak hanya menggantungkan harapan pada beras karena cukup tersedia pangan lokal. "Pangan lokal berupa umbi-umbian, jagung, dan beras lokal justru pilar utama pemenuhan masyarakat setempat sehingga tidak menjadi masalah," ujarnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA