Senin 30 Mar 2020 10:12 WIB

BPJS Kesehatan Lubuklinggau Fasilitasi Cuci Tangan Umum

Ruang tunggu kantor BPJS Kesehatan Lubuklinggau juga disemprot cairan disinfektan.

BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Sumatra Selatan, menyediakan fasilitas cuci tangan dan cek suhu tubuh bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS serta pegawai BPJS Kesehatan.
Foto: BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Sumatra Selatan, menyediakan fasilitas cuci tangan dan cek suhu tubuh bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS serta pegawai BPJS Kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKLINGGAU -- BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Sumatra Selatan, menyediakan fasilitas cuci tangan dan cek suhu tubuh bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS serta pegawai BPJS Kesehatan. Cara ini untuk ikut memerangi penyebaran virus Corona (Covid-19) dilingkungan BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau yang diwakili oleh Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Risca Aprilia, akhir pekan lalu, mengatakan, penyediaan fasilitas tersebut terlihat sepele. Tetapi sadar atau tidak, tangan yang kotor dapat menyebarkan penyakit termasuk virus Corona.

"Secara tidak langsung tangan memang yang paling sering menyentuh muka yang merupakan jalan masuk virus dari mulut, hidung dan mata kedalam tubuh manusia," ujar Risca dalam keterangan tertulisnya.

Fasilitas yang ditempatkan tepat dihalaman depan kantor BPJS Kesehatan itu telah dilengkapi dengan sabun cuci tangan dan tisu yang bisa dipakai oleh siapapun. Dengan adanya fasilitas ini masyarakat dan peserta JKN-KIS dianjurkan untuk memcuci tangan dan cek suhu tubuh sebelum memasuki kantor BPJS Kesehatan.

Menurut Risca masyarakat dan peserta JKN-KIS yang akan melakukan pengurusan berkas di Kantor BPJS Kesehatan diwajibkan untuk mengukur suhu tubuh melalui petugas keamanan yang bersiaga. "Selain itu kami juga menyediakan tempat cuci tangan karena kita tahu bersama bahwa cuci tangan dengan sabun lebih efektif untuk membunuh bakteri dan virus di tangan,” ujar Risca.

Ditambahkan oleh Risca saat dikonfimasi, di area kantornya terutama diruang tunggu peserta juga telah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan agar tetap menjaga sterilisasi ruangan saat masa tanggap Covid-19. “Penyemprotan cairan disinfektan setiap hari setelah pelayanan juga kami lakukan untuk menjaga ruangan agar tetap steril,” kata Risca.

Sementara, Sutoyo (35) yang merupakan salah satu rekanan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau merasa lebih aman dan terhindar dari penyebaran Covid-19 dilingkungan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau.

“Awalnya kaget ada cek suhu tubuh didepan sebelum masuk tadi. Saya kira kenapa sampai cek suhu tubuh. Ternyata hanya untuk memastikan panas tubuh saya tidak lebih dari 37,50 celsius. Setelah cek suhu tubuh tadi juga diminta cuci tangan sebelum masuk ke dalam kantor BPJS Kesehatan dan bertemu orang didalam untuk menyerahkan berkas,” kata Sutoyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement