Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Cuci Tangan 20 Detik dengan Benar Bunuh Mikroorganisme

Senin 30 Mar 2020 11:34 WIB

Red: Ratna Puspita

Dokter spesialis paru-paru dari Rumah Sakit Persahabatan Jakarta Erlina Burhan

Dokter spesialis paru-paru dari Rumah Sakit Persahabatan Jakarta Erlina Burhan

Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Banyak kegiatan sehari-hari yang mengharuskan kita cuci tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis paru-paru dari Rumah Sakit Persahabatan Jakarta Erlina Burhan mengatakan mencuci tangan secara benar selama 20 detik bisa membunuh seluruh mikroorganisme yang menempel pada tangan. Mikroorganisme itu termasuk virus coronatipe SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Baca Juga

"Bahwa mencuci tangan harus bersih dan benar caranya dan ini durasinya sekitar 20 detik," katanya dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Senin (30/3).

Saat mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, ia mengatakan, seluruh bagian tangan mulai dari telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, pinggir jari, hingga ujung kuku harus dipastikan bersih. "Kapan sebaiknya kita mencuci tangan? Yaitu pertama saat kita membuang ingus, batuk atau pilek," katanya.

Tangan, ia melanjutkan, juga harus dicuci bersih sebelum dan sesudah menjaga orang yang sakit, sebelum dan sesudah merawat luka. Selain itu, sebelum, selama, dan setelah mengolah makanan.

Juga, sebelum makan, setelah menyentuh sampah, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh binatang, dan setelah mengganti popok. "Jadi banyak sekali kegiatan sehari-hari kita yang mengharuskan kita mencuci tangan," katanya.

Selain menekankan pentingnya mencuci tangan agar tidak terkontaminasi virus, Erlinamengingatkan warga untuk menghindari menyentuh wajah karena virus SARS-CoV-2 menular melalui mukosa pada mata, hidung, dan mulut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA