Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Pengakuan Ter Stegen, Sulit Hafal Nama Pemain Lawan

Senin 30 Mar 2020 09:24 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Kiper Barcelona Marc Andre Ter Stegen

Kiper Barcelona Marc Andre Ter Stegen

Foto: REUTERS/Albert Gea
Sepak bola bukan segalanya bagi Marc-Andre ter Stegen.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sepak bola bukan segalanya bagi Marc-Andre ter Stegen. Kiper Barcelona tersebut menyiratkan hal itu.

Ini diluar konteks fokus ketika berlaga. Atau teknis. Tapi lebih pada pengetahuan dalam dunia olahraga itu. Ter Stegen mengakui dirinya memiliki nilai kurang dalam konteks tersebut.

Ter Stegen bahkan jarang mengingat beberapa pemain yang menjadi lawannya. Kendati para jugador tersebut termasuk sosok papan atas di La Liga Spanyol.

"Orang-orang menertawakan saya, ketika saya mengatakan saya tidak tahu banyak hal tentang sepak bola. Saya jarang menonton (pertandingan). Kadang-kadang mereka memberitahukan nama pemain, saya tidak tahu orang itu. Tapi ketika mereka menunjukkan video, saya menyadari betul siapa dia," ujar Ter Stegen dikutip dari Barcablaugranes, Senin (30/3).

Jika sudah melihat tayangan video, kiper asal Jerman itu sangat paham pergerakan pemain tersebut secara detail. Bagaimana sosok tersebut berlari, menendang bola, dan lepas dari kawalan pemain lain, sudah terekam di kepalanya.

Kalau pun Ter Stegen menonton sebuah pertandingan, itu bukan karena tingginya tensi laga tersebut. Atau seberapa bagusnya laga itu.

"Ketika saya tertarik (menonton) sebuah pertandingan, itu karena saya memiliki teman (yang bermain) dalam laga tersebut," ujar Ter Stegen.

Apa pun itu, Ter Stegen menyukai atmosfer di kandang Barcelona. Suasana di Camp Nou, menurutnya, berbeda dengan di Jerman.

Untuk urusan partai tandang, Ter Stegen terkesan dengan reaksi penggemar Napoli di Italia dan Athletic Bilbao di Spanyol. Dua klub dengan pendukung garis keras dan benar-benar menjadi pemain ke-12.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA