Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Pemkot Surabaya Bantu APD Untuk RS Rujukan Covid-19

Senin 30 Mar 2020 05:12 WIB

Rep: dadang kurnia/ Red: Hiru Muhammad

Pelaku UMKM V-RA Collection, Novita Rahayu Purwaningsih (kiri) menyelesaikan pembuatan baju alat pelindung diri (APD) di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (29/3/2020). Dinas Perdagangan Kota Surabaya mengerahkan sekitar 20 UMKM untuk membuat baju APD berbahan kain gore-tex yang akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan ke seluruh rumah sakit yang menangani  COVID-19

Pelaku UMKM V-RA Collection, Novita Rahayu Purwaningsih (kiri) menyelesaikan pembuatan baju alat pelindung diri (APD) di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (29/3/2020). Dinas Perdagangan Kota Surabaya mengerahkan sekitar 20 UMKM untuk membuat baju APD berbahan kain gore-tex yang akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan ke seluruh rumah sakit yang menangani COVID-19

Foto: ANTARA/Moch Asim
Bantuan yang diberikan telah sesuai kebutuhan tiap rumah sakit

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali mengirimkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis dan paramedis di sembilan rumah sakit (RS) rujukan Covid-19. Bantuan yang dikirimkan sesuai dengan pengajuan yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

Sembilan rumah sakit itu yakni RS Universitas Airlangga (RSUA), Katolik St. Vincentius, Siloam, dr Soetomo, Husada Utama, RS Haji, RS Islam Jemursari, Adi Husada Kapasari dan National Hospital. Rincian bantuannya berupa 270 baju APD, obat-obatan sebanyak 2.340 tablet, face shield total 800 pcs, masker N95 100 pcs, 50 kacamata google, dan 5 ribu lembar masker.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser mengatakan, bantuan yang diberikan Pemkot Surabaya telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing rumah sakit. Meski ada perlengkapan yang cukup langka, namun ia memastikan Pemkot terus berusaha memperoleh APD itu untuk keperluan tim medis.

"Artinya pemerintah kota segera merespon rumah sakit yang membutuhkan peralatan itu Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga turut memproduksi APD itu secara mandiri," kata Fikser di Surabaya, Ahad (29/3).

Fikser menjabarkan, bantuan yang diberikan ke RSUA berupa masker, baju APD, kacamata google, dan obat-obatan. Sedangkan bantuan yang diberikan ke RS Katolik St. Vincentius, kata Fikser, berupa obat-obatan.

Kemudian, untuk RS Siloam yakni obat, face shield, baju APD yang diserahkan juga pada hari ini. Selanjutnya  untuk RSUD dr Soetomo bantuan berupa baju APD dan face shield. Adapun bantuan yang diserahkan kepada RS Husada Utama berupa face shield.

Berikutnya, RS Haji menerima bantuan obat-obatan, dan RSI Jemursari menerima face shield serta baju APD. "Berikutnya RS Adi Husada Kapasari memperoleh face shield dan baju APD. Terakhir, National Hospital menerima obat-obatan," kata Fikser.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA