Senin 30 Mar 2020 04:13 WIB

Satgas Penanganan Covid-19 Kendari Terbentuk Hingga RT/RW

Tugas satgas meningkatkan ketahanan masyarakat di bidang kesehatan.

Ilustrasi virus corona masuk Indonesia
Foto: MgIT03
Ilustrasi virus corona masuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) membentuk satuan tugas (satgas) percepatan penanganan Corona virus disease 2019 (Covid 19)  hingga di tingkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) yang ada di 65 kelurahan dari 11 Kecamatan di Kota Kendari. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di masyarakat.

Terbentuknya tim gugus tugas percepatan penangan virus Corona seperti di Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga melibatkan masing-masing para RT dan RW sebagai ketua dan wakil ketua dibantu beberapa koordinator, sementara pelindung dan penasihat adalah lurah setempat dan Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Tugas dari para satgas di masing-masing RT/RW bertujuan di antaranya, meningkatkan ketahanan masyarakat di bidang kesehatan, mempercepat penanganan Covid-19 melalui sinergitas antara lintas sektor tingkat RW dan RT," ujar Lurah Wundudopi, Ramli di Kendari, Ahad (29/3).

Terkait kegiatan yang sudah dilakukan tim satgas ditingkat RW dan RT, Ramli mengatakan, telah dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan perumahan (rumah warga) serta fasilitas umum lainnya dan rumah ibadah (masjid) dan sekolah.

Menurut Lurah Wundudopi, kegiatan penyemprotan disinfektan dilaksanakan tersebut merupakan salah satu kegiatan satuan tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease2019 Covid-19 di tingkat RW/RT yang sebelumnya telah di bentuk melalui SK Lurah Wundudopi Nomor 3 tahun 2020 tanggal 24 Maret.

"Jadi kegiatan penyemprotan disinfektan yang sudah dilaksanakan merupakan bagian dari kegiatan satuan tugas percepatan penanganan virus corona di tingkat RW/RT, yang telah kami SK-kan sebelumnya,” tutur Ramli.

Menurut Ramli, penyemprotan disinfektan yang dilakukan satgas tersebut berawal dari inisiatif koordinator satgas bersama–sama warga yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di warga kelurahan Wundudopi pada khususnya meski dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya mendapat bantuan dari pihak–pihak yang berkeinginan membantu dalam penanganan percepatan virus corona.

"Tentu kita mengapresiasi kegiatan pelaksanaan penyemprotan disenfektan apalagi kegiatan ini merupakan inisiatif satgas bersama warga," tuturnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement