Senin 30 Mar 2020 02:44 WIB

Pohon Tumbang di Jalur Sukabumi-Palabuhanratu Hambat Lalin

Tidak ada korban jiwa hanya menyebabkan kabel listrik terputus.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi pohon tumbang.
Foto: Antara/Weli Ayu Rejeki
Ilustrasi pohon tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Bencana pohon tumbang akibat angin kencang melanda Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Ahad (29/3) siang. Akibatnya peristiwa tersebut menyebabkan sempat terputusnya akses lalu lintas (lalin) di jalur Cikembar menuju Palabuhanratu, Sukabumi.

''Pada Minggu sekitar pukul 13.48 WIB telah terjadi musibah pohon tumbang di Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara,'' ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Anita Larasati, Ahad (29/3).

Kejadian itu disebabkan oleh angin kencang dan mengakibatkan tertutupnya akses jalan utama yang menghubungkan Desa Sukamulya, Cikembang, Kecamatan Cikembar ke arah Palabuhanratu. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya menyebabkan kabel listrik terputus dan kemacetan lalu lintas. Tindakan yang dilakukan melaporkan dan berkoordinasi dengan petugas terkait untuk evakuasi pohon.

Di sisi lain pada Sabtu (28/3) malam terjadi bencana tanah amblas di Kampung Cikadu RT 26 RW 07, Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung. ''Sekitar pukul 20.00 WIB hujan deras, dan mengakibatkan tanah amblas dengan retakan sekitar panjang 25 meter,'' ujar Anita.

Amblasan yang paling tinggi sekitar 1 meter. Dampaknya fasilitas umum yang terancam dari titik lokasi ke masjid sekitar panjang 10 meter. Penyebab bencana akibat debit air dan tanah labil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement