Ahad 29 Mar 2020 21:48 WIB

Komisi XI : Jaga Stok Pangan Lewat Realokasi Anggaran

Keadaan sosial-ekonomi sekarang ini tidak mudah bagi semua orang, siapa pun dia.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Fuji Pratiwi
Stok pangan (ilustrasi). Pemerintah diminta menjaga stok bahan pangan untuk menghadapi wabah Covid-19.
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Stok pangan (ilustrasi). Pemerintah diminta menjaga stok bahan pangan untuk menghadapi wabah Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi XI Elnino Mohi mengingatkan pemerintah untuk menjaga stok bahan makanan dalam langkah menghadapi wabah Covid-19. Aktivitas isolasi masyarakat menyebabkan terganggunya kegiatan ekonomi yang tidak dapat dihindarkan.

"Untuk menghadapi masalah ekonomi ini, DPR mendorong dan mendukung pemerintah dan seluruh kepala daerah untuk menjamin stok, distribusi, dan harga kebutuhan pokok bagi masyarakat. Bisa dengan realokasi APBN/APBD melalui mekanisme perubahan UU/Perda APBN/APBD," kata Elnino, Ahad (29/3).

Baca Juga

Upaya pemerintah dalam memastikan stok bahan pangan itu, lanjut Elnino, dengan memperhatikan kewajiban negara untuk melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, melindungi bumi, dan air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya agar tetap berada di tangan orang Indonesia dan dikelola oleh orang Indonesia.

"Pendek kata, sebisa mungkin memaksimalkan apa yang kita miliki daripada menambah utang luar negeri," kata Politikus Gerindra itu. 

Elnino menegaskan, masalah kesehatan dan keselamatan WNI adalah utama. Covid-19 ini mengancam secara acak setiap WNI. Usaha pemerintah dan DPR dinilainya sudah sesuai jalur secara konsepsional, walaupun ada juga terjadi kekurangan dan kekeliruan secara teknis. 

Partisipasi masyarakat juga dinilainya sudah baik dalam mengikuti imbauan pemerintah. Meskipun,  masih ada juga kekurangan di beberapa hal. 

"Memang keadaan sosial-ekonomi sekarang ini tidak mudah bagi semua orang, siapa pun dia. Partisipasi setiap warga di bawah satu koordinasi nasional menjadi penting, bahkan menjadi syarat keberhasilan negara ini mengatasi masalah," ujar Elnino.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement