Ahad 29 Mar 2020 20:42 WIB

Positif Covid-19 di Aceh Bertambah Jadi Lima Orang

Dari lima orang yang dinyatakan positif di Aceh satu meninggal.

Seorang petugas medis keluar dari ruang instalasi paru tempat isolasi seorang pasien. Ilustrasi
Foto: Antara/Aswaddy Hamid
Seorang petugas medis keluar dari ruang instalasi paru tempat isolasi seorang pasien. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Warga yang positif terjangkit virus corona jenis baru (Covid-19) di Provinsi Aceh bertambah satu orang sehingga hingga saat ini total warga di Aceh yang telah terinfeksi virus itu sebanyak lima orang. Satu di antaranya meninggal dunia.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin membenarkan penambahan pasien positif Covid-19 tersebut yang merupakan pasien berdomisili di Kabupaten Aceh Besar, dan memiliki riwayat perjalanan ke Malaysia. "Iya benar positif Covid-19. Dia warga Aceh Besar yang pulang dari Malaysia," katanya saat dikonfirmasi di Banda Aceh, Ahad (29/3).

Ia menjelaskan warga yang terjangkit Covid-19 itu merupakan seorang suami dari pasangan suami istri yang baru kembali dari Malaysia pada Ahad (15/3) 2020 lalu.

Kemudian, pria berumur 22 tahun itu menjadi pasien dalam pengawasan (PDP), dan masuk ke ruang isolasi RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh pada Ahad (22/3) lalu, dengan keluhan batuk, demam, dan diare. Menurut Azharuddin hasil sampel lendir (swab) tenggorokan PDP tersebut dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan yang diterima Ahad (29/3) sore menyatakan pria muda itu positif Covid-19.

Sedangkan istrinya berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan tidak harus menjalani perawatan di rumah sakit, namun tetap mengisolasi diri selama 14 hari. "Istrinya ODP. Suaminya sakit usai pulang dari Malaysia. Karena sakit makanya kita 'swab' di rumah sakit dan dirawat," katanya.

Selanjutnya, pasien positif Covid-19 tersebut akan ditangani sesuai standar operasional prosedur penanganan pasien Covid-19 di Indonesia, demikian Azharuddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement