Ahad 29 Mar 2020 16:58 WIB

Sejumlah Mal Mulai Tutup di Depok

ITC Depok, Margo City, dan Pesona Square mulai tutup.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Nora Azizah
Mal di Kota Depok memilih untuk tutup sementara (Foto: ilustrasi mal tutup)
Foto: ANTARAFOTO
Mal di Kota Depok memilih untuk tutup sementara (Foto: ilustrasi mal tutup)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) menyebabkan sepinya pengujung mal di Kota Depok. Bahkan tingkat kunjungan turun cukup drastis hingga hanya 10 persen saja. Hal itulah yang membuat mal-mal di Kota Depok memilih untuk tutup sementara, diataranya Depok Town Square (Detos), ITC Depok, Margo City Mal dan Pesona Square.

Detos tutup sementara sejak 27 Maret hingga 9 April 2020, ITC Depok tutup sementara dari 30 Maret hingga 13 April 2020 dan Margo City Mal tutup sementara dari 29 Maret hingga 11 April 2020 serta Pesona Square rencananya akan memutuskan penutupan pada 30 Maret 2020.

Baca Juga

"Sejak pandemi COVID-19, tingkat kunjungan terus menurun, hingga saat ini turun drastis hanya 10 persen saja. Itu yang jadi alasan utama, selain juga kami mendukung pencegahan penyebaran COVID-19 dengan memutuskan tutup sementara aktivitas Margo City Mal," ujar General Manager (GM) Margo City Mal, Chris Nasution saat dihubungi Republika, Ahad (29/3).

Dia mengutarakan, Margo City Mal tutup dari 29 Maret hingga 11 April 2020, namun masih membuka Giant Supermarket, Century, Guardian, Watson dan ATM Center dengan jam operasional pukul 11.00 WIB hingga 19.00 WIB. 

"Kami mendukung upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Selama tutup, kami melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Kami berharap bencana COVID-19 ini cepat berlalu dan Margo City Mal dapat kembali beroperasi," tutur Chris.

Sedangkan Mall Director Detos, Sutikno Pariyoto mengatakan, Detos tutup sementara selama dua pekan sejak 27 Maret hingga 9 April 2020. Penutupan sementara dilakukan demi mendukung Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami harus aware soal pandemi ini dan jangan dianggap sepele," terangnya.

Dia mengungkapkan, Detos masih membuka tenant yang menjual atau menyediakan produk dan jasa dengan kategori Supermarket/Hypermarket (Hypermart), Pharmacy (Boston) dengan waktu operasional buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Khusus untuk restoran hanya diperbolehkan melayani pesanan yang dibawa pulang (take away). Jam operasional pun diatur hanya pukul 11.00-20.00 WIB dan ATM Center Ground Floor dibuka dari pukul 11.00-20.00 WIB. "Semoga bencana COVID-19 dapat segera dikendalikan sehingga Detos dapat beroperasi kembali secepatnya untuk menyambut bulan Ramadahan, lebaran Idul Fitri dan seterusnya," harap Sutikno.

Humas Pesona Square, Mardi menegaskan, pihaknya juga berencana akan menutup aktivitas mal pada Senin 30 Maret 2020. "Sedang kami bahas rencana penutupan sementara. Saat ini pengunjung sangat sepi, tenant-tenant juga sudah banyak yang tutup. Tentu upaya penutupan Pesona Square juga dalam upaya mendukung pencegahan penyebaran COVID-19," jelasnya.

Berdasarkan pemantaun republika.co.id, pengunjung di ITC Depok hanya bisa dihitung pakai jari, hampir sebagian besar toko-toko tutup dan hanya supermarket Carrefour yang buka, namun cukup sepi pembeli. 

Begitu juga di Margo City Mal, pengunjung sangat sepi, tenant-tenant seluruhnya tutup kecuali supermarket Giant yang buka, namun hanya tampak beberapa orang pembeli.  

Padahal di setiap Sabtu dan Ahad di akhir bulan, baik Carrefour ITC Depok maupun Giant Margo City Mal cukup ramai dipadati pembeli. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement