Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Survei Charta Politika: Sandiaga Ungguli Anies dan Ganjar

Ahad 29 Mar 2020 16:31 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani

Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno.

Foto: Republika/Prayogi
Sandiaga mengungguli Anies dan Ganjar pada survei capres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terkait elektabilitas tokoh yang dinilai layak menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hasilnya, politikus Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno mengungguli dua nama lainnya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sandiaga Uno unggul menempati posisi pertama dengan perolehan 29,2 persen. Disusul oleh Anies Baswedan di posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 27,3 persen. Selanjutnya, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 21,9 persen," kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin dalam keterangan tertulisnya, Ahad (29/3).

Dalam surveinya, alasan responden memilih Sandi lantaran mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu dinilai mampu menstabilkan harga bahan-bahan pokok. Sebab menurutnya, stabilitas bahan-bahan pokok merupakan salah satu isu utama yang menentukan preferensi pemilih. Rakyat menginginkan pemimpin mendatang mampu menjaga ketersediaan dan stabilitas harga sembako, bahkan lebih murah.

Baca Juga

Selain itu, Muslim menjelaskan, pada survei ini, responden juga disodorkan pertanyaan mengenai calon pemimpin yang mampu menurunkan harga bahan pokok. Hasilnya, Sandiaga paling banyak dipilih respoden sebagai sosok yang bisa melakukan hal tersebut.

"Pengusaha sekaligus mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno memiliki brand association sebagai sosok yang paling mampu melakukannya dengan dukungan sebesar 13,2 persen," ujarnya.

Jumlah tersebut juga mengungguli dua tokoh lainnya, seperti Prabowo Subianto dengan jumlah suara sebesar 12,8 persen dan Anies Baswedan dengan jumlah suara 12,7 persen.  Ia menambahkan, keunggulan Sandi bukan hanya pada survei kali ini saja.

Pada survei Lembaga Survei Cyrus Network sebelumnya juga elektabilitas Sandiaga Uno mencapai 27,3 persen, lebih unggul daripada Anies Baswedan yang hanya 20 persen persen dan Ganjar Pranowo sebesar 14,9 persen.

Menurut Muslimin, keunggulan Sandi melalui dua hasil survei berturut-turut tersebut cukup mengejutkan banyak pihak. Terlebih lagi, jumlah suaranya berada di atas Anies Baswedan yang dulu pernah menjadi pasangannya sebagai gubernur di Pilgub Jakarta. Kedua hasil survei tersebut juga makin memperkuat isu Sandiaga Uno maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Survei Charta Politika dilakukan pada 20–27 Februari 2020 di seluruh Provinsi di Indonesia dengan total 1.200 responden. Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap sampel acak (random sampling) responden. Margin of error dari survei ini sebesar 2,83 persen.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA