Ahad 29 Mar 2020 00:26 WIB

Antisipasi Pandemi Covid-19, Pasha Ungu Jalani Tes Kesehatan

Wawali Palu Sigit Purnomo alias Pasha Ungu jalani tes kesehatan antisipasi Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Wawali Palu Sigit Purnomo alias Pasha Ungu jalani tes kesehatan antisipasi Covid-19. Ilustrasi.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Wawali Palu Sigit Purnomo alias Pasha Ungu jalani tes kesehatan antisipasi Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Anutapura. Hal ini ia lakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 setelah tiba di Palu, Sulawesi Tengah pada Sabtu.

Setibanya di Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu, Sigit Purnomo yang baru datang dari Jakarta langsung menuju ke RS Anutapura untuk pemeriksaan kesehatan. Ia juga menjalani pengambilan sampel darah oleh tim medis setempat dan selanjutnya diuji laboratorium.

Baca Juga

"Hasil rapid test corona oleh dokter RS Anutapura Palu hasilnya negatif," kata Wakil Wali (Wawali) Kota Palu itu.

Sebagaimana edaran Pemerintah Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, warga yang baru bepergian ke luar negeri maupun daerah terpapar Covid-19 wajib memeriksakan diri, termasuk Wawali Palu tersebut. Dia ingin agar masyarakat yang baru pulang bepergian dari luar Sulawesi Tengah secara sadar dan sukarela memeriksakan diri di rumah sakit.

Tindakan tersebut merupakan langkah untuk mengantisipasi serta mempersempit penularan virus. Pemeriksaan diri perlu dilakukan terlebih mengingat saat ini dua warga Palu sudah terkonfirmasi positif Covid-19. Pasha pun meminta masyarakat tetap waspada namun tidak panik sebab kepanikan justru dapat membahayakan diri sendiri.

"Memeriksakan kesehatan secara sukarela manfaatnya sangat besar. Kita tidak ingin keluarga dan masyarakat lainnya terpapar," kata dia.

Wawali juga mengapresiasi kerja-kerja tim medis yang tergabung dalam tim penanganan Covid-19 di RS Anutapura termasuk pihak Puskesmas karena sudah bekerja keras merawat para pasien. Dia meminta warga setempat untuk sementara menahan diri melakukan kegiatan di luar rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Masyarakt juga diimbau menghindari kerumunan masa serta membiasakan diri melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pengawasan di wilayah-wilayah perbatasan serta objek-objek vital lainnya sebagai pintu masuk Kota Palu juga diperketat. "Ini adalah cara efektif untuk mencegah penyebaran virus. Saya harap masyarakat mendukung langkah pemerintah," kata Sigit Purnomo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement