Sabtu 28 Mar 2020 22:10 WIB

Suasana Jalan Lengang di Sejumlah Wilayah Indonesia

Warga memilih untuk tetap di rumah guna menekan penyebaran corona..

Red: Edwin Dwi Putranto

Sejumlah kendaraan keluar gerbang tol Bogor, Ciheuleut, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/3). Gerbang tol Bogor yang biasanya ramai kendaraan disaat akhir pekan namun saat ini terlihat lengang disebabkan banyaknya warga Jabodetabek yang enggan berpergian dan berdiam diri dirumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. (FOTO : ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Polisi menutup Jalan Brigjen Katamso, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (28/3). Penutupan di 12 titik ruas jalan di Kota Medan pada pukul 09.00-15.00 WIB dan pukul 19.00-23.00 WIB itu untuk mencegah keramaian yang kemungkinan berdampak pada penyebaran virus COVID-19. (FOTO : ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Foto aerial Alun-alun yang lengang pascakebijakan "local lockdown" di Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (27/3). Pemerintah Kota Tegal akan mempertimbangkan kebijakan "local lockdown" dan akan mengganti dengan kebijakan penutupan sejumlah akses jalan sebanyak 50 titik, akibat menuai kontroversi dari Pemerintah pusat maupun Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (FOTO : ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Polisi berjaga di Jalan PK Bangsa, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020) malam. Polresta Kediri mentup Jalan PK Bangsa untuk memberlakukan kawasan (FOTO : ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Polisi berjaga di Jalan Darmo yang ditutup, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/3). Penutupan sejumlah jalan di Surabaya tersebut agar terbebas dari segala aktivitas warga dan kendaraan guna mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). (FOTO : ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Foto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020). (FOTO : ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Foto udara suasana malam pemukiman warga di Lingkungan Peresak Tempit, Kelurahan Ampenan Tengah, Mataram, NTB, Sabtu (28/3). Pemerintah Kota Mataram pada 28 Maret 2020 pukul 22.00 WITA mulai memberlakukan jam malam atau pembatasan waktu ke luar rumah bagi seluruh warga Kota Mataram untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). (FOTO : ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Merebaknya kasus corona berdampak terhadap kondisi sejumlah ruas jalan yang lengang di beberapa wilayah Indonesia pada Sabtu (28/3). Di Jakarta, jalur protokol seperti ruas Jalan Jendral Sudirman terlihat lengang. Tak terlihat antrean kendaraan yang biasa menghiasi jalan protokol tersebut pada akhir pekan. Gerbang tol Bogor yang biasanya ramai kendaraan wisatawan yang akan berwisata ke kawasan Puncak disaat akhir pekan, juga terlihat lengang. 

Di Tegal, ruas jalan sekitar alun-alun pun terlihat lengang menyusul kebijakan pemerintah kota yang menutup sejumlah akses masuk ke kota Tegal. Suasana serupa juga terlihat disekitar wilayah Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur. Pemerintah kota Jawa Timur melakukan penutupan sejumlah jalan di Surabaya agar terbebas dari segala aktivitas warga dan kendaraan. 

Penutupan jalan juga terjadi di Jalan Brigjen Katamso, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (28/3). Penutupan 12 titik ruas jalan di Kota Medan pada pukul 09.00-15.00 WIB dan pukul 19.00-23.00 WIB dilakukan untuk mencegah keramaian. Di kawasan Ampenan, Mataram, NTB, jalanan juga terlihat lengang menyusul pemberlakuan jam malam atau pembatasan waktu ke luar rumah bagi seluruh warga Kota Mataram. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement