Sabtu 28 Mar 2020 20:56 WIB

Aktor Contagion Buat Iklan Layanan Masyarakat Soal Covid-19

Aktor Contagion kembali bersatu membuat video iklan layanan masyarakat soal Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Matt Damon (kanan) saat berakting dalam film
Foto: AP Photo/Claudette Barius
Matt Damon (kanan) saat berakting dalam film

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK (AP) -- Sejak ada pandemi Covid-19, film Contagion kembali populer karena kemiripan kisahnya dengan penyebaran virus corona tipe baru. Aktor dan aktrisnya pun mencoba bersatu kembali dalam mendukung penanganan wabah Covid-19.

Belum lama ini, para bintang dari film yang menceritakan tentang penyebaran virus itu menciptakan sebuah video iklan layanan masyarakat. Matt Damon, Laurence Fishburne, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle membuat empat video bersama ilmuwan dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Mailman di Columbia, AS.

Baca Juga

"Cuci tanganmu seperti hidupmu tergantung padanya. Karena saat ini, khususnya, itu bisa membantu," kata Winslet dalam video, dikutip AP.

 

Mereka mengingatkan setiap orang tidak ada yang kebal terhadap virus corona. Semua usia dan kalangan bisa saja terpapar pandemi global ini. Setiap orang dari kita, tanpa memandang usia atau etnis, berisiko untuk terinfeksi.

Matt Damon, yang dalam film Contagion memerankan karakter kebal terhadap virus, juga menekankan soal jarak fisik. Jika dalam film itu diperlihatkan bahwa virus berbahaya untuk populasi, apalagi di dunia nyata, sehingga orang harus semakin sadar.

"Saya tidak punya alasan untuk percaya bahwa saya kebal terhadap Covid-19 dan begitu juga dengan kalian," ungkapnya dalam video.

Aktor lainnya, Fishburne, juga mengimbau masyarakat untuk membantu staf medis yang saat ini berada di garis depan. Ia mengatakan, jika kita bisa memperlambat penyebaran, maka itu akan membantu dokter dan perawat di rumah sakit.

"Kalian dapat memberi kesempatan untuk membantu kita semua melewati hal ini bersama-sama," ujarnya.

Bagi kebanyakan orang, virus corona menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam dan batuk yang hilang dalam dua hingga tiga pekan. Untuk beberapa orang, terutama orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan masalah kesehatan yang sudah ada, virus dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, termasuk pneumonia dan kematian.

Contagion adalah sebuah film thriller bencana Amerika yang dirilis pada 2011. Film yang disutradarai oleh Steven Soderbergh ini dibintangi oleh Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle.

Alur cerita Contagion mendokumentasikan penyebaran sebuah virus berbahaya dan upaya dari para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit tersebut. Pada akhirnya, ada pengenalan vaksin untuk menghentikan penyebarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement