Sabtu 28 Mar 2020 14:34 WIB

Sebanyak 53 Penerbangan dari YIA Terpaksa Batal

Pembatalan penerbangan tergantung kebijakan tiap perusahaan

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
Foto: Yusuf Assidiq.
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Sebanyak 53 penerbangan terpaksa membatalkan jadwal saat pengoperasian penuh Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad (29/3).

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Kulon Progo, Sabtu (28/3) mengatakan rencana awalnya pada pengoperasian secara penuh Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ada sekitar 168 pergerakan penerbangan baik domestik dan internasional."Namun karena ada COVID-19, sebanyak 53 pergerakan penerbangan yang membatalkan jadwal mereka di YIA, maka untuk sementara hanya ada 115 pergerakan," kata Faik saat teleconference dengan awak media.

Faik menyebutkan ketika dalam kondisi normal jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari YIA per hari mencapai 18 ribu artinya 9 ribu datang dan 9 ribu yang berangkat. Namun dalam 3 hari terakhir hanya 7.000-8.000 per hari. Faik menyebutkan yang paling banyak adalah kedatangan, di mana jumlahnya turun drastis.

Ia juga belum dapat memastikan sampai kapan maskapai melakukan pembatalan jadwal penerbangan. Pembatalan penerbangan tersebut tergantung kebijakan masing-masing maskapai. "Untuk rute internasional sementara masih menghentikan penerbangan. Dua maskapai yang sebelumnya beroperasi di Adisutjipto, SilkAir dan AirAsia sementara menghentikan penerbangan dari 20 Maret sampai 11 Mei," katanya.

Faik menambahkan operasi penuh tetap akan dilaksanakan pada Minggu (29/3). Penerbangan pertama akan dilaksanakan Batik Air dengan tujuan ke Samarinda dan juga ke Jakarta, keduanya akan berangkat 06.00 WIB. Sedangkan untuk kedatangan akan dilaksanakan Lion Air yang sekitar 06.20 WIB dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

"Mulai nanti malam, Batik Air akan menginap di YIA dan melakukan penerbangan perdana di YIA pada Minggu (29/3)," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement