Sabtu 28 Mar 2020 13:22 WIB

Karantina di Rumah, Ini Cadangan Sembako yang Harus Dimiliki

Cadangan sembako di antaranya beras hingga sayuran beku.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Chef Degan Septoadji
Foto: Republika/Farah Noersativa
Chef Degan Septoadji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat yang kini tengah melaksanakan karantina atau berdiam diri di rumah untuk menghindari virus corona (Covid-19) diharapkan memiliki cadangan sembilan bahan pokok (sembako). "Kita harus punya beras, kentang, gula, tomat, protein seperti telur, dan jangan disimpan di tempat panas. Kemudian, miliki sayuran yang bisa dibeli dalam keadaan beku," ujar mantan juri Masterchef Indonesia Degan Septoadji saat video conference di akun Youtube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (28/3).

Ia menambahkan, sayuran beku yang kini dijual dengan berbagai variasi bisa disimpan dalam keadaan lama dan mudah untuk dimasak. Ia juga mengingatkan agar tak lupa cuci tangan ketika akan memasak.

"Kalau bisa alat yang dipakai untuk masak juga harus dibersihkan. Jangan 4-5 jam menggunakan alat-alat yang sama dan tidak dibersihkan," katanya.

Terkait donasi makanan untuk tenaga medis, ia menganjurkan agar tetap memperhatikan kemasan dan cara pengemasannya. "Kalau menggunakan bungkusan tempat makan, misalnya dari stirofoam, harus dalam keadaan baru. Jangan bekas dan ditutup dengan rapi," katanya.

Selain itu, ia meminta tangan orang yang menutup makanan itu harus dalam keadaan bersih. Orang itu harus sering mencuci tangan degan sarung tangan hingga memakai masker. Kemudian, yang mengantar makanan atau sopirnya dalam kondisi bersih, mencuci tangan, dan menyediakan hand sanitizer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement