Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Karantina di Rumah, Ini Cadangan Sembako yang Harus Dimiliki

Sabtu 28 Mar 2020 13:22 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani

Chef Degan Septoadji

Chef Degan Septoadji

Foto: Republika/Farah Noersativa
Cadangan sembako di antaranya beras hingga sayuran beku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat yang kini tengah melaksanakan karantina atau berdiam diri di rumah untuk menghindari virus corona (Covid-19) diharapkan memiliki cadangan sembilan bahan pokok (sembako). "Kita harus punya beras, kentang, gula, tomat, protein seperti telur, dan jangan disimpan di tempat panas. Kemudian, miliki sayuran yang bisa dibeli dalam keadaan beku," ujar mantan juri Masterchef Indonesia Degan Septoadji saat video conference di akun Youtube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (28/3).

Ia menambahkan, sayuran beku yang kini dijual dengan berbagai variasi bisa disimpan dalam keadaan lama dan mudah untuk dimasak. Ia juga mengingatkan agar tak lupa cuci tangan ketika akan memasak.

"Kalau bisa alat yang dipakai untuk masak juga harus dibersihkan. Jangan 4-5 jam menggunakan alat-alat yang sama dan tidak dibersihkan," katanya.

Terkait donasi makanan untuk tenaga medis, ia menganjurkan agar tetap memperhatikan kemasan dan cara pengemasannya. "Kalau menggunakan bungkusan tempat makan, misalnya dari stirofoam, harus dalam keadaan baru. Jangan bekas dan ditutup dengan rapi," katanya.

Selain itu, ia meminta tangan orang yang menutup makanan itu harus dalam keadaan bersih. Orang itu harus sering mencuci tangan degan sarung tangan hingga memakai masker. Kemudian, yang mengantar makanan atau sopirnya dalam kondisi bersih, mencuci tangan, dan menyediakan hand sanitizer.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA