Sabtu 28 Mar 2020 03:40 WIB

Donasi Covid-19 Jack Ma Mendarat di Jakarta

Sebanyak 2 juta masker jadi bagian dari donasi tahap pertama Jack Ma untuk Indonesia.

Donasi dari Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk penanganan Covid-19 tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (27/3).
Foto: istimewa
Donasi dari Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk penanganan Covid-19 tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (27/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Donasi tahapan pertama dari Jack Ma berupa perlengkapan medis esensial untuk penanganan Covid-19 Indonesia telah mendarat di Bandara Udara Soekarno Hatta, Jumat (27/3). Donasi tersebut diberikan atas nama Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation.

 

Baca Juga

Pengiriman ini merupakan bagian dari donasi perlengkapan medis kepada empat negara di Asia Tenggara meliputi Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina yang diumumkan pada hari Kamis (19/3) pekan lalu. Keempat negara tersebut akan menerima sejumlah perlengkapan medis dengan total 2 juta masker, 150 ribu test kit, 20 ribu baju pelindung, dan 20 ribu pelindung wajah. Tahapan donasi berikutnya direncanakan untuk tiba di Jakarta dalam waktu dekat.

“Kami berharap donasi ini dapat membantu upaya Indonesia untuk melindungi para petugas medis yang menjadi garda terdepan untuk melayani masyarakat dan meningkatkan skala pengetesan yang lebih luas. Kita semua harus membantu upaya global untuk mengatasi Covid-19. Tantangan logistik pengiriman tetap ada, namun kami akan menuntaskannya dan melakukannya sesegera mungkin,” jelas Jack Ma Foundation, dikutip dari siaran pers yang diterima.

“Kami akan senantiasa bahu membahu dengan seluruh komponen masyarakat Indonesia, pihak swasta, juga komunitas global dalam melawan pandemi ini. Pengalaman dari berbagai belahan dunia memperlihatkan bahwa pengujian virus yang akurat dan ketersediaan peralatan perlindungan bagi para tenaga medis yang memadai, merupakan hal yang sangat penting sekaligus efektif, dalam mencegah meluasnya penyebaran wabah Covid-19. Kami menyampaikan rasa terima kasih untuk Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation atas upayanya dalam memberikan dukungan bantuan peralatan yang dibutuhkan bagi Indonesia,” ujar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut B. Panjaitan yang menerima donasi tersebut mewakili pemerintah Indonesia untuk kemudian didistribusikan oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).

Donasi ini adalah bagian dari upaya global yang dilakukan oleh Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk mendukung berbagai wilayah di dunia yang terdampak krisis Covid-19. Inisiasi ini mendapatkan dan mengantarkan berbagai jenis perlengkapan medis ke negara dan wilayah di Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, dan Afrika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement