Sabtu 28 Mar 2020 04:20 WIB

100 Kata Bijak Umar bin Khattab (2)

Kata-kata bijak Umar bin Khattab bisa menjadi nasihat.

100 Kata Bijak Umar bin Khattab. Foto: Masjid Umar bin Khattab di Madinah
Foto: istimewa
100 Kata Bijak Umar bin Khattab. Foto: Masjid Umar bin Khattab di Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Umar bin Khattab RA merupakan sosok yang mulia dan agung. Dalam sebuah riwayat disebutkan:

حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ يَحْيَى بْنُ خَلَفٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ غُضَيْفِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ وَضَعَ الْحَقَّ عَلَى لِسَانِ عُمَرَ يَقُولُ بِهِ

Baca Juga

Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah Yahya bin Khalaf berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul A'la dari Muhammad bin Ishaq dari Makhul dari Ghudlaif bin Al Harits dari Abu Dzar ia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah meletakkan kebenaran pada lisan Umar yang senantiasa dia ucapkan."

Sementara, Ali bin Abi Thalib menyebutkan: "Orang yang paling baik dari kalangan umat ini, setelah Nabi SAW, adalah Abu Bakar, selanjutnya Umar."

Semasa hidupnya, Umar bin Khattab memberikan banyak nasihat-nasihat berupa petuah dan kata-katanya. Dalam buku Sang Legenda Umar bin Khattab  karya Yahya bin Yazid Al Hukmi Al Faifi, dicatat ada 100 petuah dan nasihat Umar bin Khattab, yaitu:

11. Umar berkata kepada Abu Musa Al Asyari, "Sama ratakanlah semua orang di hadapanmu dalam keadilan dan sewaktu bersama denganmu. Jangan sampai orang yang terpandang berbuat tamak dan orang yang lemah merasa putus asa dengan keadilanmu!"

12. "Saya mendapat kabar, bahwa doa itu dihimpit dan dikekang di antara langit dan bumi, tidak bisa naik ke atas sampai diucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad,"

13. Umar berkata, "Sungguh ada orang yang seumur hidupnya menentang dan menjadi penyakit dalam agama Islam ini dan tidak menyempurnakan shalatnya karena Allah." Umar lalu ditanya, "Bagaimana bisa begitu?" Umar bin Khattab berkata, "Orang tersebut tidak melengkapi rukuk, sujud, khusyu, dan tawadhu ketika shalat menghadap Allah."

14. Umar berdoa, "Ya Allah, muliakanlah orang-orang yang Engkau pilih di antara kami, agar mereka bisa membantu orang-orang yang membutuhkan di antara kami."

15. "Sungguh amalan-amalan itu saling angkuh dan membanggakan diri antara satu dengan yang lain. Amal sedekah akan berkata, "Akulah yang lebih mulia dari amalan lain."

16. "Bersikap jujurlah walau nyawa taruhannya! Saya lebih menyukari kejujuran walau membuat diri menjadi rendah - sekecil apapun - daripada berbuat bohong untuk mengangkat derajat walau hanya sedikit."

17. Ada tiga jenis orang ketika menghadapi masalah:

Pertama, menyelesaikan masalah dengan idenya yang justru semakin merusak.

Kedua, menyelesaikan masalah dengan berkonsultasi dan memusyawarahkan kepada yang lebih ahli.

Ketiga, bingung dan tidak menyelesaikan masalah, tetapi tidak mau mencari solusi dan tidak mau mendengar saran dan solusi orang lain."

18. "Tiga hal yang membuat Anda dicintai dan disayang saudara:

Pertama, mengucapkan salam

Kedua, melapangkan dan memberinya tempat duduk dalam suatu pertemuan

Ketiga, memanggilnya dengan panggilan yang paling disukainya."

19. "Jangan pernah membiarkan istri sendiri, walau Anda mengajarinya menghafal Alquran."

20. "Jangan pernah menjadikan orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin kalian. Karena mereka menerima dan menghalalkan suap. Ketahuilah! Sungguh agama ALlah mengharamkan suap menyuap."

 

Baca juga:

https://republika.co.id/berita/q7xqi3430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-7

https://republika.co.id/berita/q7uo6c430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-6

https://republika.co.id/berita/q7uo1f430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-5

https://republika.co.id/berita/q7unwt430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-4

https://republika.co.id/berita/q7uns6430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-3

https://republika.co.id/berita/q7unnf430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-2

https://republika.co.id/berita/q7unha430/100-kata-bijak-umar-bin-khattab-1

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement