Sabtu 28 Mar 2020 00:45 WIB

Ulama India Minta Umat Islam Beribadah di Rumah

Untuk cegah corona, ulama India minta Muslim beribadah di rumah.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil
 Ulama India Minta Umat Islam Beribadah di Rumah. Foto: Masjid Shahi Jama, yang ada di Meerut, kawasan kota tua India.
Foto: Hindustan Times
Ulama India Minta Umat Islam Beribadah di Rumah. Foto: Masjid Shahi Jama, yang ada di Meerut, kawasan kota tua India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Ulama India meminta muslim India untuk Shalat Jumat di rumah dan menghindari masjid sebagai upaya pencegahan wabah virus Corona (Covid-19). Imam Shahi dari Masjid Jama, Syed Ahmed Bukhari, pada hari Jumat meminta untuk tidak berkumpul dan menawarkan Juma namaz di rumah. Seruan itu, tampaknya berdampak pada lengangnya jalan menuju Masjid Jama dan Masjid Fatehpuri.

Area jalan yang sering ramai ini, kini tampak kosong karena sebagian besar toko dan restoran di daerah itu tetap ditutup. Masjid Jama Delhi dianggap sebagai salah satu masjid paling berpengaruh di seluruh negeri.

Baca Juga

Ulama India, saat ini telah menekankan perlunya menjaga jarak sosial sebagai satu-satunya langkah untuk memerangi virus corona atau Covid-19. Shahi Imam dari Masjid Jama bahkan membuat permohonan serupa dengan para ulama dan ulama di India yang memberikan pengaruh pada orang-orang untuk mengarahkan masyarakat melawan jemaah di masjid-masjid.

Di masjid ini tiap Jumat, sedikitnya 10.000 umat berkumpul untuk berdoa. Namun, hari ini jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Sepuluh orang, yang terdiri dari staf masjid semua menjalankan shalat Jumat di rumah, sehingga memberikan contoh bagi seluruh masjid dan masyarakat.

Pada acara-acara seperti Idul Fitri, dan waktu Jumat pekan Ramadhan terakhir, di masjid ini mampu menampung sekitar 100 ribu orang. Dan pada hari biasa saat sholat lima waktu, masjid ini mampu menampung sekitar 2.000 orang.

"Allah ada di mana-mana dan bahkan di rumahmu. Mereka yang bersikeras bahwa Jumat hanya dapat ditawarkan di masjid, mereka salah. Kami tidak ingin situasi seperti China dan Italia di India. Kita perlu mengikuti arahan yang diberikan oleh pemerintah," kata Imam Shahi dilansir dari Kantor Berita India, ANI, Jumat (27/3).

Presiden, Jamiat UIema-e-Hind, Maulana Arshad Madani, juga menyerukan kepada orang-orang untuk melaksanakan Sholat Jumat di rumah dan menghindari pertemuan besar.

"Berdasarkan arahan pemerintah yang dikeluarkan mengenai coronavirus, saya ingin menyarankan agar orang-orang harus menghindari berkumpul di masjid pada hari Jumat juga. Penawaran doa di rumah saja. Dia juga mengatakan bahwa hari ini dia sendiri akan berdoa di rumahnya. Hanya imam, muazzin, dan tiga orang yang harus melakukan sholat Juma di masjid-masjid sehingga kewajiban dapat dipenuhi. Adalah tanggung jawab agama dan sosial kita untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari bahaya ini, " papar Madani.

Sebelumnya, Dewan Hukum Islam Seluruh India juga mengajukan permohonan yang menyatakan bahwa umat Islam dianjurkan menjalankan sholat zuhur di rumah daripada shalat Jumat di masjid. Dewan menyarankan orang-orang untuk tinggal di rumah dan menghindari berkumpul.

Ketika meminta masyarakat untuk menghindari pertemuan, Bukhari berkata, "Lima orang cukup untuk menjaga masjid. Ini harus menjadi orang-orang yang terlibat untuk menjaga masjid bersih. Tidak ada orang luar yang harus datang ke masjid. Doa-doa Anda akan diterima bahkan jika Anda menawarkan Juma dari rumah. "

Imam mengambil pandangan tegas tentang fakta bahwa banyak yang menyesatkan komunitas atas nama agama. "Syariah sangat fleksibel untuk keadaan yang mengerikan," tambah Bukhari.

Syekh Imam dari Masjid Jama juga memperingatkan masyarakat untuk tidak menjadi mangsa bagi orang-orang yang salah mengarahkan mereka untuk percaya bahwa namaz akan melindungi mereka dari infeksi.

"Allah telah meminta kita untuk tidak menempatkan nyawa dalam bahaya atau bunuh diri, berkumpul pada titik waktu ini setara dengan menempatkan tidak hanya milik kita tetapi orang lain dalam bahaya. Dan itu harus dihindari," tambah Bukhari.

Menanggapi pertanyaan tentang pemerintah dan partai-partai politik yang berusaha menyediakan makanan untuk para penerima upah harian dan menghubungi organisasi-organisasi sosial dan keagamaan untuk membantu mereka dalam melakukan hal itu, Bukhari mengatakan dia akan senang dapat bantuan apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement