Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Bukalapak Gotong Royong Lawan Covid-19

Jumat 27 Mar 2020 15:57 WIB

Rep: Febryan. A/ Red: Gita Amanda

Bukalapak luncurkan kampanye Bukalapak Sahabat Sehat

Bukalapak luncurkan kampanye Bukalapak Sahabat Sehat

Foto: Wikimedia Commons
Bukalapak menyediakan sejumlah fitur dan program terkait Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukalapak, perusahaan teknologi penyedia jasa pasar daring, meluncurkan kampanye 'Bukalapak Sahabat Sehat'. Dengan menyediakan sejumlah fitur dan program terkait Covid-19, perusahaan dengan 70 juta pengguna itu ingin turut serta mengatasi wabah yang melanda Indonesia.

Peluncuran kampanye ini dikarenakan sejumlah masalah turunan yang muncul selama wabah Covid-19 di Indonesia. Mulai dari kesimpangsiuran informasi, tingginya harga produk kesehatan, hingga kelangkaan produk kebutuhan sehari-hari.

Alasan lainnya karena studi Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa metode respons yang paling tepat untuk mengatasi pandemi ini adalah "Whole-Of-Soctety" alias semua pihak ikut berkerja sama. Sebab tidak ada negara, perusahaan dan komunitas yang bisa bertahan sendirian pada saat pandemi ini berlangsung.

Penanganannya membutuhkan gotong royong yang terkoordinir dari berbagai elemen masyarakat. Sehingga, infrastruktur dasar dapat dipertahankan dan dampak ekonomi-sosial bisa diminimalisir.

"Luasnya penyebaran Covid-19 adalah masalah kita semua. Inisiatif Sahabat Sehat ini datang karena kami percaya kita semua bisa menjadi Sahabat Sehat untuk satu sama lain," kata CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin dalam siaran persnya, Jumat (27/3).

Adapun kampanye 'Bukalapak Sahabat Sehat' akan berlangsung selama masa darurat nasional penanganan Covid-19. Kampanye ini terdiri atas tiga program.

1. Stay Alert

Program ini berupaya menyediakan informasi akurat bagi masyarakat. Bekerjasama dengan Liputan6, masyarakat bisa mengakses informasi akurat seputar Covid-19 di fitur Pantau Corona pada situs Bukalapak.

Selain Itu, Bukalapak juga bekerja sama dengan dokter untuk menyediakan sesi tanya jawab virtual dan live seputar Covid-19.

2. Stay Home

Program ini berupaya menyediakan produk bahan-bahan pokok, produk kesehatan dan produk penunjang kenyamanan di rumah dengan harga terjangkau. Lantaran masyarakat saat ini sedang bekerja, beribadah dan belajar di rumah, Bukalapak juga meniadakan ongkos kirim untuk setiap produk yang dibeli berapa pun nilai transaksinya.

Program ini juga disertai sejumlah diskon yang disediakan oleh mitra Bukalapak. Di antaranya Dana, Bank BRI, dan Alilanz. Pengiriman barang juga telah dipastikan aman dengan Pengiriman Bebas Kontak Langsung dan tepat waktu oleh Sicepat, J&T Express dan Lion Parcel.

3. Stay Healthy

Ini adalah program edukasi bagi Mitra Warung Bukalapak mengenai cara melayani pelanggan di saat terjadi wabah Covid-19 ini. Yakni, cara pengemasan produk ataupun transaksi yang bisa meminlmalisir risiko tertular ataupun menularkan virus.

Selain itu, masyarakat juga bisa membantu sesamanya melalui Fitur Donasi untuk disalurkan oleh Baznas, BNPB, dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP). Donasi akan diberikan dalam bentuk Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tim medis di rumah sakit, penyemprotan desinfektan di
berbagai fasilitas umum, pencucian karpet masjid dan mushala serta pembagian hand sanitizer dan masker untuk masyarakat umum.

"Kami percaya jika tiga hal ini dilakukan secara disiplin dan bergotong-royong, kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 Ini. Harapan kami, di masa seperti inilah kami dapat menjadi
fasilitator bagi semua orang agar penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan," kata Rachmat, berharap.

Ia menambahkan, seluruh karyawan Bukalapak sudah lebih dulu bergabung menjadi Sahabat Sehat dengan memastikan kesehatan masing-masing. Meski demikian mereka juga tetap produktif melayani kebutuhan seluruh pengguna dengan bekerja #DiRumahAja.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA