Jumat 27 Mar 2020 15:41 WIB

KKP Siapkan Antisipasi Dampak Covid-19 ke Usaha Perikanan

KKP akan mengoptimalkan pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) ikan

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Nelayan menjemur ikan asin di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Serang, Banten, Ahad (15/3/2020).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Nelayan menjemur ikan asin di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Serang, Banten, Ahad (15/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) terus melakukan pemantauan ketersediaan, perkembangan pasokan dan harga ikan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak covid-19 terhadap usaha perikanan.

Lokasi pemantauan yang telah dilakukan diantaranya Bali, DKI Jakarta, Surabaya, Kendari, Purwakarta, Bekasi, Pekalongan, Trenggalek, Malang, Cilacap, Indramayu, Tegal, Gunung Kidul, Bitung, Makasar, dan Kota Ternate. Nantinya akan berlanjut ke lokasi sentra produksi dan pengolahan ikan lainnya.

Baca Juga

"Saat ini pemantauan dilakukan melalui telekomunikasi dengan berbagai sumber antara lain pihak pelabuhan perikanan, sentra produksi budidaya, eksportir, pengelola gudang beku dan pasar retail," kata Dirjen PDSPKP, KKP, Nilanto Perbowo di Jakarta, Jumat (27/3).

Nilanto menambahkan, Ditjen PDSPKP melaporkan beberapa strategi untuk menjaga stabilitas harga sehingga pelaku usaha dapat terhindar dari kerugian dan produksi ikan terserap. Kata Nilanto, pelaksanaan strategi berupa kerja sama dengan Kemensos agar terjadi sinergi yang berdampak langsung di masyarakat berupa penyaluran bahan baku ikan segar dan olahan dengan cara Bantuan Pangan Non Tunai, yang sebagian dari itu dapat dibelikan ikan.

"Pak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memastikan akan segera menghubungi Menteri Sosial Juliari P Batubara untuk mendorong percepatan terlaksananya strategi tersebut," ucap Nilanto.

Nilanto mengungkapkan strategi lain yang juga disiapkan KKP adalah optimalisasi pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) ikan atau dikenal dengan sistem tunda jual. Dengan begitu, kata dia, saat harga turun, nelayan dan pembudidaya ikan tidak mengalami kerugian dengan menitipkan produknya di Gudang Beku (cold storage) yang ditunjuk dalam SRG dan dapat menjualnya kembali saat harga membaik. Bahkan resi dari penitipan ikan di Gudang Beku, dapat dijaminkan ke lembaga pembiayaan untuk mendapatkan dana tunai sebagai modal usaha.

"Lalu penyerapan ikan dalam rangka program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan," ungkap Nilanto.

Di tengah wabah Covid ini, Nilanto mengingatkan masyarakat tetap mengonsumsi ikan, bahkan lebih ditingkatkan lagi. Ikan dengan kandungan gizinya yang tinggi merupakan asupan yang pas untuk membantu tubuh agar tetap sehat guna menangkal serangan virus Korona.

"Selain berguna menyehatkan tubuh, dengan mengonsumsi ikan kita juga telah membantu nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar ikan untuk tetap memperoleh penghasilan ditengah situasi yang sulit ini," kata Nilanto menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement