Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Telkomsel Papua Pastikan Jaringan Beroperasi Normal

Jumat 27 Mar 2020 14:25 WIB

Red: Gita Amanda

Telkomsel

Telkomsel

Foto: .
Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Manajemen Telkomsel tetap berkomitmen untuk menyediakan layanan berkualitas dan memastikan seluruh infrastruktur jaringan beroperasi optimal guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan saat situasi pandemi virus corona (COVID-19).

Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan (PAMASUKA) A.Moelky Furqan dalam keterangan pers melalui video confrence, Kamis (26/3) lalu, mengatakan Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah instansi pemerintah sejumlah perusahaan dan sekolah.

Di Area PAMASUKA, lanjut Moelky, pengamanan jaringan terutama difokuskan di 645 Residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19 seperti di 143 Rumah Sakit dan Kantor Pemerintahan terkait serta dilakukan penambahan 5700 BTS baru dan upgrade broadband capacity.

Sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah RI, menurut Moelky Furqan, Telkomsel Area PAMASUKA mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi peak payload layanan berbasis data dan digital hingga 10,7 persen dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut.

Sedangkan, untuk permintaan layanan voice dan SMS, lanjut Moelky Furqan, permintaannya cenderung stabil dibandingkan periode yang sama. Ia menyebut, Telkomsel area PAMASUKA juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, Quipper, Zenius Education dan lain-lain yang mencapai 161.7 persen, Games 22,9 persen dan Instant Messanging sebesar 5,4 persen.

Sedangkan trafik payload lainnya, lanjutnya, yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan File Sharing (4,88 persen) dan layanan lifestyle seperti layanan Mangatoon dan HaloDoc (0.5 persen)

Untuk wilayah operasional Telkomsel Area PAMASUKA, menurut Moelky Furqan, mengkontribusi kenaikan peak payload secara keseluruhan terbesar yaitu Regional Sulawesi (13,1 persen), Regional Papua Maluku (10,3 persen) dan Regional Kalimantan (7,8 persen)

Moelky Furqan mengatakan, Telkomsel akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi dan saat ini upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan Telkomsel mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi.

"Terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz,"ujarnya.

Kesiapan jaringan berbasis broadband ini, lanjutnya,dilakukan untuk memastikan kenyamanan pelanggan menikmati ragam layanan digital lifestyle Telkomsel seperti aplikasi video on demand MAXStream, streaming lagu LangitMusik serta layanan Dunia Games.

Sebagai leading telco digital company, lanjutnya,Telkomsel proaktif untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19 dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan aset untuk menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan.

"Namun Telkomsel tidak berjalan sendiri, kami juga memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah dengan bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan agar kita semua dapat terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini,"ujarnya.

Untuk membantu siswa bisa #TerusBelajar dengan efektif dari rumah, menurut Moelky, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning), yakni “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”.

Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB, masing-masing untuk akses aplikasi Ruangguru dan aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam paket Ilmupedia, yakni Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini Telkomsel juga berkolaborasi dengan sekitar 130 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akses situs e-learning. Dengan semangat yang sama, untuk melayani kebutuhan karyawan profesional agar bisa #TerusProduktif bekerja secara agile dari rumah, Telkomsel menyediakan solusi komunikasi terintegrasi berbasis cloud bernama CloudX.

"Layanan ini memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama satu bulan serta bebas kuota data untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk host meeting dan 30GB untuk peserta meeting,"ujarnya.

Pada teleconfrence pelayanan Telkomsel selama masa pandemi COVID-19 ikut juga General Manager NOQM Area Kalimantan Rahmat Putra Jaya, GM Telkomsel NOQM area Sulawesi M.Idham Kadir, GM Telkomsel NOQM Papua-Maluku Adi Wibowo serta GM Nep area Pamasuka Andy Setyawan dan Manager Corcom Pamasuka Rina D.Noviani.

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA