Jumat 27 Mar 2020 12:51 WIB

ICIS: 5 Tahun Sekali Muncul Isu Gemparkan Dunia, Kini Corona

ICIS mengajak umat bekerjasama untuk mengatasi Corona.

ICIS mengajak umat bekerjasama untuk mengatasi Corona. Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
ICIS mengajak umat bekerjasama untuk mengatasi Corona. Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK—  International Conference of Islamic Scholar (ICIS) menilai setiap lima tahun muncul isu yang mengagetkan dunia, dan saat ini muncul pandemi Covid-19 yang menjadi isu global.    

Direktur Eksekutif II International Conference of Islamic Scholar (ICIS), Khariri Makmun, setelah terorisme menjadi permasalahan global, kini muncul virus Corona menjadi perhatian dunia. 

Baca Juga

Menurut dia, pnyebaran virus Corona hampir melanda seluruh dunia. Bermula dari China virus ini terus menyerang dan menghantui negara-negara di dunia.

"Kita lihat situasi global saat ini, bila ditarik mundur tahun 2002 dinamika persoalan cepat berkembang. Mulai dari isu terorisme dengan munculnya ISIS dan sekarang wabah virus Corona. Tiap lima tahun muncul isu yang mengagetkan dunia," kata dia dalam keterangannya, Jumat (27/3).

Khariri mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah tokoh lintas agama dan perwakilan negara untuk membahas hal tersebut.

Bila sebelumnya, kata dia, pembahasan pertemuan membahas tentang teroris, sekarang tentang virus Corona dan masalah lingkungan.

"Corona telah menjadi ancaman internasional. Untuk itu, perang melawan Corona digaungkan karena sudah banyak menelan korban jiwa," katanya.

Menurutnya, sejumlah negara telah melakukan lockdown dalam menyikapi Covid-19. Bahkan sejumlah negara di Timur Tengah telah menutup akses keluar masuk dan meliburkan sholat Jumat.

"Khusus di Indonesia dalam hal sholat Jumat dan berjamaah ada fatwa MUI serta Pemerintah. Kita berharap dengan usaha yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam menangani dan pencegahan virus Corona cepat selesai," harapnya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement