Jumat 27 Mar 2020 08:41 WIB

Legenda Tim Basket Parodi Legendaris NBA Wafat

Globetrotters dikenal sebagai tim yang diisi pebasket-pebasket berkemampuan ikonik.

Rep: Fitriyanto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda tim basket parodi Amerika Serikat, Harlem Globetrotters, Fred
Foto: Twitter resmi Harlem Globetrotters
Legenda tim basket parodi Amerika Serikat, Harlem Globetrotters, Fred "Curly" Neal.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Legenda tim basket parodi Amerika Serikat, Harlem Globetrotters, Fred "Curly" Neal, meninggal dunia pada Kamis (26/3) pagi waktu setempat dalam usia 77 tahun. Curly bergabung denfan Harlem Globetrotters selama 22 tahun.

Neal dikenal dengan keterampilan ballhandling-nya yang apik. 

Dia pensiun dari Harlem tahun 2008. Ini menyusul empat pemain lainnya yang lebih dahulu pensiun yakni Wilt Chamberlain, Marques Haynes, Meadowlark Lemon, dan Goose Tatum.  Kausnya dinaikkan ke langit-langit Madison Square Garden saat upacara khusus.

Dia juga diberikan cincin "Legends" prestisius Globetrotters pada tahun 1998 karena dianggap punya kontribusi besar bagi keberhasilan dan pengembangan organisasi Globetrotters.

"Kami telah kehilangan salah satu manusia dengan kemampun basket sangat khas di dunia yang pernah dikenal," kata manajer umum Globetrotters Jeff Munn dalam sebuah pernyataan, dilansir dari laman ESPN, Jumat (27/3).  

"Keahlian basket Curly tidak tertandingi oleh kebanyakan orang, dan hati yang hangat serta senyumnya yang besar membawa sukacita bagi keluarga di seluruh dunia. Dia selalu menyediakan waktu untuk banyak penggemar dan menginspirasi jutaan orang," lanjut Munn.

Neal bermain di lebih dari 6.000 pertandingan di 97 negara untuk Globetrotters pada periode 1963-1985. Globetrotters mulai membangun kejayaan di era ini dengan muncul di berbagai televisi spesial, acara bincang-bincang, acara televisi dan bahkan kartun yang termasuk seri animasi tim sendiri.

Legenda NBA Isiah Thomas dalam Twitternya Kamis (26/3) mengatakan, Neal adalah inspirasinya. "Curly Neal dan Marcus Haynes mengajariku cara menggiring cuitnya.

Untuk mengetahui kemampuan Neal, cobalah menilik video-video lawan Globetrotters di Youtube. 

Dalam beberapa laga yang terekam, Neal punya kemampuan tembakan tiga angka dari jarak hampir setengah lapang. Hebatnya, akurasi Neal selalu terjaga dengan bisa melakukan tembakan tripoin sebanyak 3-4 kali beruntun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement