Jumat 27 Mar 2020 07:42 WIB

Tip Merawat Mobil di Masa Lockdown

Selagi masa lockdown, mobil juga tetap harus dirawat.

Mobil di garasi, ilustrasi. Selagi masa lockdown, mobil juga tetap harus dirawat.
Foto: Wikipedia
Mobil di garasi, ilustrasi. Selagi masa lockdown, mobil juga tetap harus dirawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama menjalani masa kerja dari rumah, pemilik kendaraan diingatkan untuk tidak lupa untuk merawat kendaraannya. Apalagi, mobilnya juga diam di garasi, berhari-hari tak digunakan. Kendaraan kesayangan bisa rusak akinya andaikan tak dinyalakan dalam waktu lama.

"Kalau mobil kita tidak dinyalakan dalam waktu lama, aki yang akan kena," ungkap  Rizqi, pemilik bengkel RizqiAuto yang berada di Ciganjur, Jakarta Selatan, saat dihubungi Antara, Kamis.

Baca Juga

Pria yang akrab dipanggil Kikiini menyarankan agar mobil dipanaskan secara berkala. Di samping itu, kendaraan yang lama tak digunakan atau terparkir lama, tekanan angin bannya juga bisa berkurang.

"Sebelum digunakan nanti sebaiknya cek tekanan angin bannya," ujar pria yang sudah tujuh tahun mengelola bengkel itu.

Selain itu, menurut Kikiini, ada juga kemungkinan terjadinya korosi pada tangki bahan bakar. Selain bisa berdampak penyumbatan saluran menuju ruang bakar, risiko bocor juga berpotensi membahayakan pengemudi dan penumpangnya.

"Sebelum didiamkan lama seperti saat ini, lebih baik mobil dalam keadaan full tangki bensinnya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan dari dampak korosi itu," kata dia.

Kikiini juga menyarankan pemilik mobil rutin membersihkan bagian dalam dan juga luar kendaraan meski tidak dipakai. Ia juga merekomendasikan penyemprotan dengan cairan disinfektan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement