Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Pertamina dan Undip Bantu Pengadaan Hand Sanitizer

Jumat 27 Mar 2020 05:22 WIB

Rep: Bowo Pribad/ Red: Gita Amanda

Pertamina

Pertamina

Foto: borneomagazine.com
Hand sanitizer akan disediakan pada fasilitas transportasi publik

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Warga Kota Semarang yang selama ini memanfaatkan moda transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, bakal bisa menikmati fasilitas hand sanitizer.

PT Pertamina MOR IV bersama dengan Universitas Diponegoro (Undip) bakal menyediakan fasilitas hand sanitizer pada fasilitas transportasi publik di Kota Semarang tersebut.

"Kami menyiapkan hingga 250 liter cairan antiseptik tersebut untuk melindungi masyarakat dari risiko penularan virus Corona," kata General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, Kamis (26/3).

Menurutnya, Pertamina bersama dengan lembaga terkait juga turut tergerak untuk memvantu melindungi warga Kota Semarang dari risiko penyebaran virus Corona.

Kali ini, Pertamina menggandeng Undip untuk menyediakan hand sanitizer di setiap armada bus BRT Trans Semarang, yang selama ini melayani sejumlah koridor di Kota Semarang.

Cairan antiseptik ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melindungi dari potensi penyebaran virus Corona. "Nanti cairan hand sanitizer ini akan disiapkan dalam kemasan 500 mili gram," tambahnya.

Selain disiapkan di dalam armada BRT, hand sanitizer ini juga akan ditempatkan di sejumlah fasilitas umum pendukung operasional BRT Trans Semarang tersebut. "Seperti shelter maupun area tunggu penumpang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Advance Material Fakultas Teknik Undip, Prof Dr Ir Widayat ST MT IPM menambahkan, dalam menghadapi wabah virus Covid-19 ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan.

Penggunaan disinfektan secara teratur dan rutin membutuhkan disiplin tersendiri. Program yang digagas Pertamina merupakan upaya membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan secara rutin.

“Kami Fakultas Teknik Undip siap mendukung program Pertamina melalui proses produksi hand sanitizer. Hand sanitizer ini kami produksi atau buat dengan mengacu pada standar WHO,” tambahnya. 

Sementara Manager Operasional BRT Trans Semarang, Ikhwan Susanto mengungkapkan bahwa upaya pencegahan dengan menyediakan hand sanitizer di armada bus dapat turut memberikan pemahaman terkait perilaku sehat para penumpang transportasi umum. 

Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh Pertamina sangat bermanfaat bagi pengelola transportasi umum massal di Kota Semarang tersebut.

Selain merupakan langkah pencegahan terhada penyebaran virus Corona, upaya ini termasuk bentuk edukasi kepada penumpang untuk dapat terus menjaga kebersihan dan kesehatannya,” tambah Ikhwan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA