Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Sekitar Titik Nol Kilometer Yogyakarta Disemprot Disinfektan

Kamis 26 Mar 2020 23:13 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto

Spot Wisata Titik Nol Jogja.

Spot Wisata Titik Nol Jogja.

Foto: Republika/ Wihdan
Pusat keramaian dan biasanya menjadi tempat berkumpul masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Korem 072/Pamungkas dan ACT DIY semprotkan disinfektan ke titik-titik keramaian sekitar area Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Koordinator Aksi Der ACT DIY, Haidar mengatakan, di tengah-tengah wabah Covid-19 penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat ramai sangat penting dilakukan. Itu jadi alasan penyemprotan dilakukan di Titik Nol Kilometer.

"Karena merupakan tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Yogyakarta," kata Haidar, Kamis (26/3).

Haidar menekankan, penyemprotan harus pula dilakukan secara profesional dan mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Yaitu, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

Kasiter Korem 072/Pamungkas, Hari Santoso menuturkan, kegiatan itu dilakukan secara serentak di wilayah Korem 072. Terutama, di titik-titik yang memang merupakan pusat keramaian dan biasanya menjadi tempat berkumpul masyarakat.

"Penyemprotan disinfektan salah satu bentuk upaya mencegah penyebaran Covid-19," ujar Hari.

Aksi dimulai dari area Korem 072, bergerak mengarah ke timur menuju Istana Kepresidenan atau Gedung Agung, lalu Benteng Vredeburg sampai Taman Pintar. Dilakukan 14 personel TNI dan 8 personel ACT DIY.

Sebanyak 17 orang bertugas sebagai regu penyemprot, dua orang menjadi tim medis dan tiga orang menjadi petugas pengamanan. Dilakukan siang hari, kegiatan mendapat dukungan sinar matahari yang tampak bersinar terik. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA