Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Lima Orang Positif Covid-19 di Sumbar

Kamis 26 Mar 2020 21:31 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah

Tampak seragam APD yang dikenakan petugas kesehatan dalam menangani pasien Covid-19

Tampak seragam APD yang dikenakan petugas kesehatan dalam menangani pasien Covid-19

Foto: forwot
Pemprov Sumbar meminta masyarakat untuk tetap jaga jarak atau physical distancing.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Biro Humas Pemprov Sumatra Barat Jasman Rizal mengatakan hingga sore ini, tercatat sudah ada lima pasien yang dinyatakan positif terjangkit covid-19 atau virus corona. Dari lima orang tersebut, tiga pasien dinyatakan positif dari hasil penelitian Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Dua pasien lagi dinyatakan positif dari hasil penelitian laboratorium Litbang Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga

"Pihak Litbangkes RI telah memberikan izin kepada pemerintah provinsi Sumatra Barat untuk mengumumkan kondisi pasien yang positif terpapar Covid-19 secara realtime. Sampai pukul 16.30 WIB, dapat kami informasikan, bahwa warga Sumatra Barat yang telah dinyatakan positif terkena Covid-19 adalah sebanyak lima orang, dengan rincian dua orang dari hasil Laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND dan tiga orang dari hasil Laboratorium Litbang Kemenkes RI," kata Jasman di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (26/3).

Data yang diterima Pemprov Sumbar kata Jasman, lima orang pasien positif corona tersebut berasal dari Kota Padang satu orang, dari Kabupaten Pesisir Selatan satu orang, dari Kabupaten Tanah Datar satu orang dan Kota Bukittinggi dua orang. Saat ini kata Jasman seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting. Di antaranya tracing ke belakang terhadap lima orang yang dinyatakah positif Covid-19 tersebut.

Jasman menambahkan setelah ada izin dari Kemenkes untuk Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, sejak saat ini dan seterusnya seluruh masyarakat yang  ODP, PDP serta suspect Covid-19, secara bertahap akan dilakukan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand.

Untuk mengantisipasi supaya diri tidak ikut terkena covid-19, Pemprov Sumbar meminta masyarakat untuk tetap jaga jarak atau physical distancing, menghindari hindari kerumunan, rajin cuci tangan, ganti pakaian jika telah di rumah, olah raga teratur dan upayakan berjemur di sinar matahari sejak pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB sekira 10  sampai 15 menit, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh meningkat, dan memakai masker bagi yang sedang kurang sehat.

"Dari semua ikhtiar tersebut, tetaplah kita berserah diri kepada Allah SWT dan mari saling bahu membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi," ucap Jasman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA