Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Tahanan Lapas Cipinang Alami Sesak Napas

Kamis 26 Mar 2020 21:04 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Gedung LP Cipinang / Rutan Cipinang

Gedung LP Cipinang / Rutan Cipinang

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Hingga saat ini tim medis mengharuskan pasien untuk melakukan transfusi darah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Rumah Sakit Pengayoman, Cipinang, Jakarta Timur, mengungkapkan keluhan sesak napas yang dialami seorang tahanan tidak berkaitan dengan gejala virus corona jenis baru Covid-19.

"Pasien masuk karena anemia karena kekurangan sel darah merah. Enggak, belum ada, mudah-mudahan jangan ada (Covid-19)," ujar Kepala Rumah Sakit Pengayoman Cipinang, Danial Rasyidsaat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis malam (26/3).

Danial membenarkan bahwa ada seorang warga binaan pria Lapas Klas 1 Cipinang pada Kamis siang dirawat intensif karena mengalami sesak pada pernapasan sebagai gejala kekurangan sel darah merah. Dari hasil cek kesehatan sementara, kata Danial, hemoglobin (HB) dari pasien tersebut hanya mencapai tiga dari kondisi HB normal seorang pria berkisar 11 hingga 13.

"Dia sesak karena anemianya itu, tidak ada demam dan batuk. Secara klinis tidak mengarah ke Covid-19. Kalau ada pasti saya konfirmasi minimal ke pemda," katanya.

Pihaknya sedang mencari penyebab dari anemia yang dialami pasien. Dugaan sementara mengarah pada kerusakan organ dalam. "Mungkin organ dalam dia. Dia mengeluh sakit di pencernaan, bisa pendaraan usus atau lambung atau apa," katanya.

Hingga saat ini tim medis mengharuskan pasien untuk melakukan transfusi darah. "Keluarganya lagi cari darah ke PMI untuk transfusi, sebab harus ditransfusi segera kalau tidak malam ini kita rujuk ke RS Polri," katanya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA