Kamis 26 Mar 2020 20:58 WIB

JK Puji Langkah Dompet Dhuafa Pasang Bilik Disinfektan

Sebanyak 1.000 bilik disinfektan akan dipasang di titik titik fasilitas umum.

JK puji langkah Dompet Dhuafa pasang bilik disinfektan
Foto: Dompet Dhuafa
JK puji langkah Dompet Dhuafa pasang bilik disinfektan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa merangkul Atiatul Muqtadir akrab disapa Fathur untuk Gerakan Pemasangan Bilik Disinfektan. Pemasangan bilik disinfektan (Disinfection Chamber) hari ini mensasar gedung Palang Merah Indonesia (PMI), Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (26/3) siang.

Fathur menyebutkan, sebanyak 1.000 unit bilik disinfektan (Disinfection Chamber) sedang dalam tahap pembuatan untuk langsung dipasang di titik-titik fasilitas umum, kantor atau instansi pemerintahan dan rumah sakit dengan melihat mobilitas tinggi masyarakat sehingga riskan terinfeksi virus corona.

Baca Juga

Termasuk yang menjadi prioritas adalah tempat-tempat para pejuang garda depan perang melawan virus corona. Kawasan para tenaga medis menjadi sasaran, seperti halnya di kantor PMI dan rumah sakit-rumah sakit.

"Hari ini ada beberapa bilik yang dipasang di beberapa lokasi. Saya bersama tim DMC lainnya hari ini memasang Disinfection Chamber di kantor PMI pusat dan beberapa rumah sakit, ujar Fathur, Presiden BEM UGM yang juga Penerima Manfaat Beasiswa Dompet Dhuafa.

Tiba di kantor PMI, para tenaga medis maupun pegawai PMI menyambut baik datangnya bilik disinfektan Dompet Dhuafa. Fathur bersama dua tim DMC lainnya, Badi dan Agung, bergegas melakukan instalasi. Di samping itu, Fathur juga menjelaskan cara perawatan, kandungan cairan disinfektan, hingga program 1.000 bilik disinfektan (Disinfection Chamber) itu sendiri.

“Mudah-mudahan, seluruh tenaga Palang Merah Indonesia dan relawan-relawannya selalu diberikan kesehatan di mana pun berada,” ucap Fathur.

Usai instalasi, Jusuf Kalla selaku Ketua Umum dan Sudirman Said selaku Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, turut langsung meninjau dan menjajal cara kerja bilik disinfektan.

Jusuf Kalla dan Sudirman Said beserta rekan-rekannya, “Berharap dengan disediakannya bilik disinfektan di kantor Palang Merah Indonesia (PMI), para tenaga medis PMI, staf, relawan, pendonor hingga pengunjung agar selalu tetap steril dari virus corona maupun viris-virus berbahaya lainnya. Selain itu juga untuk menjaga lingkungan PMI agar selalu steril”.

Setelahnya, Fathur dan tim DMC kembali bergegas menuju 2 tempat lainnya, yaitu Puskesmas Kecamatan Johar Raya dan RSUD Kramat. “Tadi kami sudah pasang juga di MRT Blok M, dan habis ini kami lanjut lagi ke Puskesmas Kecamatan Johar Raya dan RSUD Kramat,” tutup Fathur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement