Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Kepri Anggarkan Rp 40 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Jumat 27 Mar 2020 01:05 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Tim medis menurunkan pasien positif terjangkit COVID-19 dari pesawat Hercules C-130 dan disemprot dengan desinfektan saat simulasi pemindahan pasien COVID-19 di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/3/2020). Simulasi tersebut untuk melihat kesiapan personel medis dalam menangani proses pemindahan pasien khusus Corona (COVID-19) dari  pesawat untuk dibawa ke RS Khusus Corona di Pulau Galang, Batam

Tim medis menurunkan pasien positif terjangkit COVID-19 dari pesawat Hercules C-130 dan disemprot dengan desinfektan saat simulasi pemindahan pasien COVID-19 di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/3/2020). Simulasi tersebut untuk melihat kesiapan personel medis dalam menangani proses pemindahan pasien khusus Corona (COVID-19) dari pesawat untuk dibawa ke RS Khusus Corona di Pulau Galang, Batam

Foto: ANTARA/MN Kanwa
Sejumlah kegiatan di Kepri akan dialihkan untuk penanganan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Plt. Gubernur KepriIsdianto menyatakan Pemprov Kepri telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 40 miliar untuk penanganan dan pencegahan wabah covid-19. Untuk memenuhi angka itu, sejumlah kegiatan akan dialihkan.

Salah satunya memotong anggaran perjalanan dinas, beberapa rapat koordinasi, pelatihan-pelatihan dan sejumlah kegiatan yang bisa ditangguhkan. “Berapapun kebutuhan untuk penanggulangan dan pencegahan wabah covid-19 akan kita penuhi. Sementara ini kita alokasikan Rp 40 miliar untuk seluruh Kepri,” kata Isdianto.

Dia memerintahkan Sekdaprov Kepri Arif Fadillah untuk menggeser dan mengalokasikan anggaran bagi penanggulangan dan pencegahan covid 19 ini. Dia mengatakanpilihan pertama adalah memangkas perjalanan dinas seluruh OPD, beberapa acara yang bisa ditunda.

Setelah itu pada kegiatanyang bisa ditangguhkan. TAPD Pemprov pun sudah melalukan rapat dengan Banggar DPRD Kepri.

“Tentu harus tetap berpedoman pada aturan. Terutama Permendagri terbaru dalam mengalokasikan anggaran untuk Covid19,” kata Isdianto.

Dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pekan ini, perintah relokasi APBD untuk penanganan covid-19 menjadi prioritas. Isdianto meminta pemerintah kabupaten kota juga mengalokasikan anggaran penanganan ini.

Selain mengalokasikan anggaran, Isdianto menekankan pentingnya peran seluruh masyarakat mematuhi imbauan pemerintah dan lembaga keagamaan dalam upaya mencegah penyebaran virus ini. Terutama jaga jarak atau physical distancing.

Gubernur sudah mengeluarkan surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap risiko penularan COVID-19 di Kepri. Surat Edaran bernomor 440/500/B.EKO-SET/2020 itu sebagai upaya aktif untuk mengantisipasi penyebaran dan perkembangan covid-19

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA