Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

KAI Daop Jember Kurangi Empat Perjalanan Kereta

Kamis 26 Mar 2020 19:39 WIB

Red: Nora Azizah

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mengurangi empat perjalanan kereta api (KA) yang berangkat dari wilayah operasinya sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan (Foto: ilustrasi kereta api)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mengurangi empat perjalanan kereta api (KA) yang berangkat dari wilayah operasinya sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan (Foto: ilustrasi kereta api)

Foto: ANTARA/syaiful Arif
Pengurangan perjalanan kereta mulai berlaku pada 1 April mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mengurangi empat perjalanan kereta api (KA) yang berangkat dari wilayah operasinya sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan. Hal ini terpaksa dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran COVID-19.

"Kami mengurangi sebanyak empat perjalanan KA yang berangkat dari wilayah kami dan akan diberlakukan mulai 1 April 2020," kata Vice President PT KAI Daop 9, Agus Barkah, Kamis (26/3).

Empat rangkaian KA yang dibatalkan perjalanannya sejak 1 April 2020 yakni KA 184 Mutiara Timur Siang dengan rute Stasiun Ketapang Banyuwangi - Surabaya Gubeng dengan jadwal keberangkatan pukul 09.00 WIB. Kemudian KA 297 Logawa dengan rute Jember - Purwokerto dengan jadwal keberangkatan pukul 05.45 WIB.

"Kami juga membatalkan dua kereta lokal yakni KA 460 Pandanwangi rute Ketapang Banyuwangi - Jember dengan jadwal keberangkatan pukul 09.30 WIB dan KA 461 Pandanwangi rute Jember - Ketapang Banyuwangi dengan jadwal keberangkatan pukul 14.00 WIB.

Ia menjelaskan, jadwal perjalanan KA yang dibatalkan adalah KA yang memiliki jadwal atau KA alternatif. Dengan demikian penumpang memiliki pilihan jadwal keberangkatan lain jika tetap memutuskan untuk berangkat.

Terkait penumpang yang sudah memiliki tiket KA tersebut pada periode 1 - 30 April, maka PT KAI Daop 9 akan menghubungi penumpang melalui Contact Center KAI 121 terkait informasi pembatalan perjalanannya. Pihak KAI akan mengembalikan bea secara penuh 100 persen secara tunai.

Baca Juga

"Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain yang melayani penjualan/pembatalan tiket," katanya.

Sebelumnya rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember setiap harinya yakni KA Mutiara Timur Siang rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam rute Surabaya-Banyuwangi, KA Sri Tanjung rute Banyuwangi-Yogyakarta, KA Tawang Alun rute Banyuwangi-Malang, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya.

Kemudian KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap, KA Logawa rute Jember-Purwokerto, dan dua kali perjalanan kereta lokal KA Pandanwangi rute Jember-Banyuwangi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA