Kamis 26 Mar 2020 19:38 WIB

MUI Keluarkan Fatwa Shalat untuk Petugas Medis Corona

MUI mengeluarkan fatwa terbaru soal shalat bagi petugas medis corona.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
MUI keluarkan fatwa shalat untuk petugas medis corona. Foto: Logo MUI
MUI keluarkan fatwa shalat untuk petugas medis corona. Foto: Logo MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang pedoman kaifiat shalat bagi tenaga kesehatan yang memakai alat pelindung diri (APD) saat merawat dan menangani pasien virus corona atau Covid-19. Fatwa MUI Nomor 17 Tahun 2020 ini dikeluarkan pada Kamis (26/3). 

Sekretaris Komisi Fatwa MUI KH Asrorun Niam Sholeh menjelaskan ketentuan hukum fatwa tersebut. Pertama, tenaga kesehatan Muslim yang bertugas merawat pasien Covid-19 dengan memakai APD, tetap wajib melaksanakan shalat fardu dengan berbagai kondisinya.

Baca Juga

"Kedua, dalam kondisi ketika jam kerjanya sudah selesai atau sebelum mulai kerja ia masih mendapati waktu shalat, maka wajib melaksanakan shalat fardu sebagaimana mestinya," kata KH Asrorun melalui pesan tertulis kepada Republika, Kamis (26/3).

 

 

Ia menjelaskan, yang ketiga, dalam kondisi bertugas mulai sebelum masuk waktu Zhuhur atau Maghrib dan berakhir masih berada di waktu shalat Ashar atau Isya. Maka boleh melaksanakan shalat dengan jama' takhir.

Keempat, dalam kondisi bertugas mulai saat waktu Zhuhur atau Maghrib dan diperkirakan tidak dapat melaksanakan shalat Ashar atau Isya. Maka boleh melaksanakan shalat dengan jama' taqdim. Kelima, dalam kondisi ketika jam kerjanya berada dalam rentang waktu dua shalat yang bisa dijamak yakni Zhuhur dan Ashar serta Maghrib dan Isya, maka boleh melaksanakan shalat dengan jama'.

"Keenam, dalam kondisi ketika jam kerjanya berada dalam rentang waktu shalat dan ia (tenaga medis) memiliki wudhu maka ia boleh melaksanakan shalat dalam waktu yang ditentukan meski dengan tetap memakai APD yang ada," ujarnya.

KH Asrorun melanjutkan, ketentuan hukum ketujuh, dalam kondisi sulit melakukan wudhu, maka bisa bertayamum kemudian melaksanakan shalat. Kedelapan, dalam kondisi hadas dan tidak mungkin bersuci, wudhu dan tayamum maka boleh melaksanakan shalat dalam kondisi tidak suci dan tidak perlu mengulangi (i'adah).

Kesembilan, dalam kondisi APD yang dipakai terkena najis dan tidak memungkinkan untuk dilepas atau disucikan. Maka melaksanakan shalat boleh dalam kondisi tidak suci dan mengulangi shalat (i'adah) usai bertugas. Kesepuluh, penanggung jawab bidang kesehatan wajib mengatur shift bagi tenaga kesehatan Muslim yang bertugas dengan mempertimbangkan waktu shalat. Supaya dapat menjalankan kewajiban ibadah dan menjaga keselamatan diri.

"Kesebelas, tenaga kesehatan menjadikan fatwa ini sebagai pedoman untuk melaksanakan shalat dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan diri," kata KH Asrorun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement