Kamis 26 Mar 2020 18:45 WIB

PDP Meninggal Asal Cisolok Dipastikan Negatif Corona

PDP yang meninggal di RSUD Palabuhanratu disebut karena peradangan pada selaput otak.

Ilustrasi.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI, JABAR -- Pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu dipastikan negatif Covid-19.

"Dari hasil penelitian dan pemeriksaan sampel cairan tubuh yang bersangkutan negatif terinfeksi Covid-19," kata juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi Harun Al Rasyid di Sukabumi, Kamis (26/3).

Menurutnya, meninggalnya PDP ini setelah didiagnosa terdapat penyakit lain yakni peradangan pada selaput otak atau meningitis. Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat menjalani pemeriksaan medis selama lima hari dan harus diisolasi karena ada gejala mengarah ke Covid-19.

Tetapi, setelah dilakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap sampel cairan tubuhnya, ternyata yang bersangkutan negatif terinfieksi virus mematikan ini. Jenazah almarhum sudah dikembalikan kepada pihak keluarganya.

Namun demikian, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) penanganan jenazah PDP, petugas medis yang mengantar jasad almarhum memakai alat perlindungan diri (APD). Selanjutnya, dalam pemulasaraan jenazahnya hingga pemakaman, petugas medis yang ditunjuk diwajibkan menggunakan APD.

Pihak Pemkab Sukabumi pun sudah memberitahu SOP penanganan jenazah PDP kepada pihak keluarganya, meskipun almarhum sudah dipastikan negatif Covid-19. Dengan diberikan pemahaman tersebut pihak keluargabisa menerimanya.

"Kami mengimbau kepada warga Kabupaten Sukabumi untuk tetap tenang dan waspada serta mematuhi imbauan dari pemerintah agar tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting. Ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus corona dan memutus mata rantainya," katanya.

Harun mengatakan Pemkab Sukabumi terus melakukan langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah titik, namun yang paling penting kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan seperti tidak berkerumun.

Kemudian menggunakan masker setiap berpergian dan harus selalu menjaga imunitas tubuh seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan menambah asupan suplemen vitamin dan berjemur di pagi hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement