Jumat 27 Mar 2020 06:21 WIB

Taman Nasional Komodo Ditutup 2 Minggu

Semua destinasi wisata di Manggarai Barat termasuk Taman Nasional Komodo ditutup.

Red: Nur Aini
Pemandangan alam di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), di Manggarai Barat, NTT, Selasa (20/1/2020).
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Pemandangan alam di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), di Manggarai Barat, NTT, Selasa (20/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGARAI -- Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) memutuskan untuk menutup semua destinasi wisata di wilayah paling barat Pulau Flores itu termasuk Taman Nasional Komodo. Penutupan tempat wisata dilakukan selama 14 hari mulai 23 Maret hingga 6 April 2020.

"Keputusan tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di daerah itu," kata Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Agustinus Rinusyang dihubungi, Kamis (26/3).

Baca Juga

"Sektor pariwisata tentu cukup terganggu, karena sudah pasti terjadi penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah itu, tetapi sementara ini, semua destinasi telah ditutup untuk 14 hari ke depan," katanya.

Di Manggarai Barat, pulau Flores terdapat 84 destinasi wisata termasuk Taman Nasional Komodo (TNK). Selain itu, ada 58 site diving dan sembilan site skorkeling, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk mengunjungi wilayah itu.

Dia mengatakan, belum dapat menghitung besaran kerugian secara ekonomi bagi daerah, dari kebijakan penutupan destinasi ini.

"Kami belum menghitung kerugian akibat dari kebijakan penutupan destinasi ini, tetapi hal yang paling utama adalah memberikan perlindungan bagi masyarakat di daerah itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement