Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Rapid Tes Covid-19 Dijual Secara Online

Kamis 26 Mar 2020 15:55 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah

Tes cepat (rapid test) pendektesian Covid-19.

Tes cepat (rapid test) pendektesian Covid-19.

Foto: antara/yulius satria wijaya
Harga rapid tes yang termurah dibandrol Rp 65 ribu di sebuah akun Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, 
Rapid Tes Covid-19 Dijual Secara //Online

Baca Juga

JAKARTA -- Pemerintah telah mendatangkan alat pendeteksi virus Corona di Indonesia. Alat yang saat seharusnya tidak diperjual belikan secara bebas tersebut, namun justru dapat ditemukan di beberapa toko online.

Salah satu toko online yang menjual rapid tes Covid-19 ini bisa ditemukan di Instagram (IG). Berdasarkan keterangan dari penjual, satu alat tersebut dijual dengan harga Rp 65 ribu.  “65 ribu per pcs kak,” ujar admin salah satu toko online di IG saat dihubungi, Kamis (26/3).

Harga yang dijual di media sosial Instagram ini merupakan yang paling murah bila dibandingkan dengan alat tes Covid-19 di toko online lain. Misalnya saja toko online di Buka Lapak yang menjual alat tersebut dengan harga mencapai Rp 7 juta dan hanya dapat dipesan dengan sistem pre order.

“Rapid Tes Virus Corona, Sunny Med. Harga 7.000.000 untuk 1 box isi 25 Kit. Barang pre order 25 hari, minimal pembelian 1 box,” tulis salah satu penjualan dalam produk tokonya.

Toko-toko daring lainnya pun menjual dengan harga yang beragam. Misalnya di Lazada, toko daring di sana menjual alat tes Covid dengan harga Rp 734 ribu dan Rp 11.371.000.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan bahwa alat pendeteksi Covid-19 secara cepat (rapid test) hanya disediakan pemerintah dan tidak diperjual belikan. Karenanya apabila ditemukan dijual melalui online maka barang tersebut ilegal. “Rapid Test belum ada izin registrasi untuk edar di Indonesia. Jadi kalau ada yang jual itu barang gelap,” kata Yuri.
 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA