Kamis 26 Mar 2020 15:54 WIB

Deru UGM Ikut Kampanyekan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Belum sepenuhnya masyarakat sadar akan ancaman pandemi global tersebut.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Relawan Disaster Response Unit (Deru) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ikut aktif mengampanyekan pencegahan penyebaran Covid-19. Dilakukan lewat media reklame, stiker, dan menayangkan iklan layanan masyarakat melalui radio.

"Kita juga berencana membuka layanan dalam bahasa Jawa melalui baliho, stiker, serta iklan layanan masyarakat di radio," kata anggota relawan Deru, Destina Kawanti.

Mereka turut membagikan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer. Dibagi kepada pedagang, pegawai, mahasiswa, hingga tenaga-tenaga medis di puskesmas dan rumah sakit yang berada di sekitar DIY.

Bersama Kagamacare dan Kagama Gelanggang, mereka telah mendistribukan lebih dari 250 liter dengan target 500 liter cairan pembersih tangan. Selain itu, didistribusikan masker bedah medis ke tukang becak dan pengemudi ojek.

"Masker medis juga akan dibagikan ke petugas kesehatan, masker nonmedis sebanyak 5.000, sedangkan masker medis 200 kotak," ujar Destina.

Kegiatan itu rencananya akan dilakukan ke daerah-daerah lain. Ia berharap, apa yang mereka lakukan bisa mendorong kelompok masyarakat lain untuk bersama-sama mencegah penyebaran wabah Covid-19 makin meluas.

Terlebih, Destina melihat, belum sepenuhnya masyarakat sadar akan ancaman pandemi global tersebut. Maka itu, saat ini Deru sudah pula berkoordinasi dengan Satgas Covid UGM.

"Kita terus bergerak melakukan edukasi dan nantinya akan melibatkan mahasiswa KKN dan alumni," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement