Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Jadwal Pemilihan Wagub DKI Diundur Hingga 6 April

Kamis 26 Mar 2020 14:57 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Teguh Firmansyah

DPRD DKI Jakarta (ilustrasi).

DPRD DKI Jakarta (ilustrasi).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunduran jadwal ini merupakan kesepakatan Bamus melihat perkembangan Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta akhirnya mengundurkan kembali jadwal pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Rapat Bamus yang digelar pada Kamis (26/3) siang, memutuskan jadwal pemilihan Wagub DKI akan digelar pada Senin 6 April 2020 mendatang.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Misan Samsuri mengatakan pengunduran jadwal pemilihan ini merupakan kesepakatan dari anggota Bamus yang terdiri dari 53 anggota DPRD DKI dan satu dari bukan anggota Dewan yakni Sekretaris DPRD DKI Jakarta pada Kamis (26/3).

Baca Juga

"Dimana hasil Bamus diputuskan pemilihan Wagub DKI ditetapkan pada 6 April 2020," ujar penasihat Fraksi Demokrat ini kepada wartawan.

Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut setelah hasil Bamus sebelumnya yang memutuskan pemilihan pada Senin (23/3) ditunda oleh impinan DPRD DKI Jakarta.

Penundaan pada jadwal pemilihan pertama setelah melihat perkembangan situasi merebaknya virus corona atau Covid-19 di Jakarta.

Misan mengungkapkan keputusan pada 6 April ini diambil melihat pertimbangan perpanjangan waktu warga Jakarta kerja dari rumah, yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sesuai arahan instruksi Gubernur bekerja dari rumah berakhir sementara berakhir pada awal April. "Apabila nanti instruksi itu diperpanjang, dan situasi tetap belum kondusif akan dipertimbangkan kembali," kata Misan.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS, Abdurrahman Suhaimi. Menurut Suhaimi keputusan penundaan pemilihan hingga ditetapkan pada 6 April 2020 sudah tepat, melihat semakin merebaknya Covid-19 di Jakarta.

Sebelumnya beberapa anggota masih berharap pemilihan dilakukan segera, namun melihat situasi sekarang Suhaimi menilai ada baiknya mempertimbangkan aspek keselamatan.

"Memang keputusan Bamus sudah diambil 6 April 2020, tapi di sebutkan hal itu bisa ditinjau kembali melihat situasi dan kondisi penularan Covid-19 di Jakarta, demi mencegah penularan," terang Suhaimi.

Sebelumnya gladi bersih pemilihan sempat tetap digelar oleh Panitia Pemilihan (Panlih) pada Rabu (25/3). Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta, Hadameon Aritonang mengungkapkan gladi bersih tersebut hanya sekedar persiapan jelang pemilihan, karena kapan waktu pemilihan bukan wewenang Panlih, namun keputusan Bamus.

"Sebagaimana tugas dan wewenang Bamus mengkordinasikan hal-hal yang berkaitan dengan agenda kegiatan dewan, termasuk penetapan sidang," ungkap Dame, sapaan Akrabnya.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA