Kamis 26 Mar 2020 13:55 WIB

Purwakarta Catat Satu Kasus Baru Pasien Positif Covid-19

Pasien dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari Depok

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Pasien corona (Ilustrasi).
Foto: The Central Hospital of Wuhan via Weibo/Hando
Pasien corona (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat satu kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari luar kota.

Anggota Satgas Covid-19 Purwakarta yang juga Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Purwakarta Erlitasari mengatakan pasien laki-laki berusia 41 tahun dinyatakan positif setelah hasil pemeriksaan keluar. Pasien diketahui merupakan warga Kecamatan Purwakarta Kota

“Tuan A ada perjalanan dari Depok. Dia dari zona merah kan Jakarta, Depok termasuk zona merah. Dia sudah terkonfirmasi positif,” kata Erlita dalam konferensi persnya di Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis (26/3).

Ia menuturkan saat ini kondisi pasien dalam keadaan baik dan tidak memerlukan perawatan intensif. Namun, pasien tetap menjalani karantina di ruangan isolasi. Sebelumnya dirawat di RS Thamrin, pasien akhirnya dirujuk di RSUD Bayu Asih.

Menurutnya, Satgas Covid-19 melakukan pendataan rekam jejak pasien setelah kembali dari Kota Depok. Termasuk memantau kondisi keluarga pasien selama 14 hari ke depan.

“Untuk keluarga kita jadikan ODP (orang dalam pemantauan) dan kita selalu memantau pasien yang terkonfirmasi itu,” ujarnya.

Ia menambahkan data terakhir hari ini, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah delapak orang. Sementara ODP yang dipantau di Purwakarta sebanyak 48 orang.

Ia mengimbau masyarakat untuk terus mewaspadai penyebaran Covid-19 ini. Masyarakat diminta mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan social distancing dan physical distancing guna menekan penyebaran virus yang muncul pertama di akhir tahun 2019 tersebut.

“Kami tetap imbau masyarakat tetap menerapakn perilaku hidup sehat. Cuci tangan pakai sabun, tetap tenang dan tidak panik dan tetap berdoa agar kita bis menghadapi penyebaran covid-19 ini,” imbaunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement