Kamis 26 Mar 2020 12:53 WIB

Depok Bentuk Kampung Siaga Covid-19

teknis pembentukannya diserahkan kepada camat dan lurah setempat.

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad
Posko Covid-19 Corona Depok
Foto: REPUBLIKA/RUSDY NURDIANSYAH
Posko Covid-19 Corona Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok segera membentuk Kampung Siaga Covid-19 dengan menggandeng Komunitas, sekolah, relawan dan elemen masyarakat di kecamatan dan kelurahan. Kampung Siaga ini akan dijadikan sebagai media partisipasi warga dalam penanganan virus Corona hingga tingkat Rukun Tetangga (RT). 

"Kami menginstruksikan camat dan lurah agar segera melakukan fasilitasi pembentukan Kampung Siaga Covid-19 ini untuk masyarakat," ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Kamis (26/3).

Menurut Idris, untuk teknis pembentukannya diserahkan kepada camat dan lurah setempat. Bagi komunitas yang ingin berpartisipasi secara swadaya, bisa menghubungi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok di nomor 08111232222.

"Kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam membentuk kampung ini dengan menghubungi Gugus Tugas yang telah dibentuk," terangnya. 

Lurah Rangkapan Jaya, Kharisma Eka Putra menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat perintah secara teknis terkait pembentukan Kampung Siaga Covid-19. Namun, sebagai pemangku wilayah, dirinya siap memfasilitasi warganya.

"Belum ada arahan karena kebijakan tersebut bersifat baru. Tetapi, di wilayah kami, terutama beberapa RT dan RW sudah berinisiatif membentuk satgas Covid-19 yang bertugas mengantisipasi, mensosialisasikan dan melakukan penanganan pertama dalam upaya pencegahan Corona," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement