Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Penasihat Medis Film Contagion Positif Covid-19

Kamis 26 Mar 2020 10:26 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Matt Damon (kanan) saat berakting dalam film Contagion. Penasihat medis film yang menceritakan tentang pandemi itu mengaku terdiagnosis Covid-19.

Matt Damon (kanan) saat berakting dalam film Contagion. Penasihat medis film yang menceritakan tentang pandemi itu mengaku terdiagnosis Covid-19.

Foto: AP Photo/Claudette Barius
Dr Ian Lipkin yang menjadi penasihat medis film "Contagion" positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Realistisnya kisah pandemi dalam film Contagion tak lepas dari peran Dr Ian Lipkin sebagai seorang penasihat medis. Siapa sangka, Lipkin kini positif terkena Covid-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi di dunia nyata.

Lipkin yang juga seorang direktur di Center for Infection and Immunity di Columbia University mengumumkan kondisinya pada Selasa kemarin. Saat itu, Lipkin sedang mendiskusikan Covid-19 dalam sebuah acara Fox "Lou Dobbs Tonight" di mana pembawa acara mewawancarai Lipkin melalui telepon video.

Di sela-sela perbincangan, Lipkin tampak mengalami batuk kering. Sesaat setelah itu, Lipkin mengatakan, akan memberi tahu kepada penonton satu hal yang cukup pribadi. Dalam siaran tersebut Lipkin mengungkapkan bahwa dia baru saja terdiagnosis positif Covid-19, tepatnya sejak awal pekan ini.

"Bila ini bisa mengenai saya, ini bisa mengenai siapa saja. Itu pesan yang ingin saya sampaikan," jelas Lipkin, seperti dilansir USA Today.

Lipkin tak menjelaskan secara spesifik bagaimana atau dari mana dia mendapatkan penyakit tersebut. Menurut Lipkin, hal tersebut tidaklah penting karena saat ini virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab Covid-19 telah ada di berbagai belahan Amerika Serikat.

Dalam kesempatan itu, Lipkin juga tak henti-hentinya mendorong masyarakat untuk bersama-sama berjuang melawan Covid-19. Tak hanya itu, Lipkin juga memperingati risiko dari keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memutuskan akan melonggarkan kebijakan berdiam diri di rumah mulai 11 April mendatang.

"Kita tidak benar-benar tahu kapan kita bisa mengontrol kondisi ini," kata Lipkin.

Lipkin mengatakan, Amerika Serikat memiliki perbatasan antarnegara bagian dan antarkota yang mudah dilewati. Bila masyarakat tak dikawal untuk konsisten berdiam diri di rumah selama waktu yang diperlukan, Amerika Serikat akan tetap jalan di tempat.

"Alat terbaik yang kita punya adalah isolasi dan mengurung diri," ungkap Lipkin.

Sebelumnya, Lipkin bekerja sama dengan penulis naskah Scott Z Burns dan Soderbergh untuk menyusun cerita film Contagion. Film yang diluncurkan pada 2011 ini seketika kembali menjadi populer saat pandemi Covid-19 berlangsung. Film ini banyak dicari karena dinilai memiliki kemiripan dengan situasi saat ini.

Beberapa adegan dalam Contagion juga merefleksikan pengalaman pribadi Lipkin ketika di Beijing. Kala itu, Lipkin membantu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Menteri Kesehatan China ketika wabah SARS terjadi pada 2003. Saat itu, Lipkin menjadi sakit dan dikarantina begitu kembali ke Amerika.

Selama di karantina, Lipkin mengalami sendiri bagaimana rasanya harus terkungkung dalam ruang isolasi dan terputus hubungan sementara dari orang-orang yang ia kasihi. Pengalaman ini dia bagikan kepada aktor Contagion Matt Damon yang di dalam cerita juga harus menjalani isolasi dan terpisah dengan anak kesayangannya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA