Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Trik Tetap Fokus Bekerja dari Rumah

Kamis 26 Mar 2020 09:04 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin bukanlah hal yang mudah (Foto: ilustrasi bekerja dari rumah)

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin bukanlah hal yang mudah (Foto: ilustrasi bekerja dari rumah)

Foto: PickPik
Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin bukanlah hal yang mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa membuat konsentrasi pecah, seperti ajakan anak bermain, televisi, bahkan makanan.

Lalu, bagaimana caranya agar kita tetap fokus bekerja meskipun berada di rumah? Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla memberikan beberapa cara bagi Anda yang sulit fokus bekerja dari rumah.

Untuk efektif bekerja dari rumah, Veronica menyarankan untuk mengatur sebuah tempat untuk bekerja. Hal itu bisa dilakukan dengan menentukan satu area khusus untuk dijadikan tempat bekerja.

“Penting pula bagi orang yang bekerja dari rumah, untuk mendekorasi tempat tersebut menjadi tempat yang kondusif untuk bekerja. Dengan demikian, ketika orang bekerja pun bisa terhindar dari hal-hal yang menjadi distraksi atau pengalihan perhatian,” ungkap Veronica kepada Republika. 

Dia melanjutkan, pilih tempat yang memang jauh dari distraksi, seperti televisi atau tak berdekatan dengan tempat anak biasa bermain. Selain itu, tempat itu juga tidak berdekatan dengan tempat makan.

“Karena mungkin sekali jadi tergoda untuk bolak-balik mengambil makanan,” jelas dia.

Trik berikutnya adalah, jauhkan benda-benda yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, yang sangat mungkin mendistraksi, pada tempat dan di meja yang telah diatur untuk bekerja. Vero menyarankan untuk isi meja dengan berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Misalnya, laptop atau komputer, alat cetak, kalender, dan sticky notes atau catatan-catatan yang ditempel yang berisi tugas-tugas dan deadline yang harus dipenuhi. Siapkan juga air putih di botol biar tidak harus banyak bolak balik untuk mengambil air.

Lalu, trik lainnya adalah, usahakan untuk terus ciptakan suasana yang kondusif untuk bekerja. Dia menyarankan untuk memasang lagu instrumental atau aromatherapy untuk meningkatkan konsentrasi.

Tak lupa, kondisi bangku dan meja juga harus diperhatikan. Dia menyarankan untuk memilih bangku yang ada di rumah yang nyaman untuk bekerja.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA